FOOD

Fajitas, Amigos Mixto Asada: Makanan Khas Meksiko (1)

Siapa suka menjelajah rasa? Jika ya, anda perlu mencoba masakan khas Meksiko yang satu ini. Saya pernah makan masakan Meksiko di Jakarta, namun kok mahal sekali. Untung waktu itu bos saya berulangtahun sehingga beliau yang traktir. Kemudian setelah saya mendapati kedai Imbiss di sini menjual masakan Meksiko, saya mempertimbangkan untuk membelinya. Akhirnya saya baru-baru ini membelinya. Ternyata saya ketagihan beli karena rasanya yang enak.

Masakan Meksiko lebih dari sekedar tortilla loh. Ada banyak ragamnya, salah satunya Fajitas atau bisa juga disebut Fajita. Fajitas atau fajita berasal dari bahasa Spanyol yang menjadi bahasa nasional Meksiko yakni masakan untuk menyebut daging panggang seperti steak begitu yang dimakan bersama roti jagung. Roti jagung ini dinamakan tortilla. Agak aneh jika makan fajitas dengan nasi, namun jika anda ingin makan masakan Meksiko dengan nasi sebaiknya pilih menu lain. Ada juga kok.

Ups, saya harus cerita bahwa pemiliknya bukan berasal dari Meksiko. Dia berasal dari Maroko, sama-sama berawal dari huruf M nama negaranya. Kemudian sembari meracik pesanan, dia bercerita pengalamannya selama bertahun-tahun menjadi karyawan di hotel dan restoran di Spanyol. Saya sendiri merasa tak nyaman bertanya, mengapa ia memilih masakan Meksiko. Bisa jadi itu pilihan dan kecintaannya untuk membuka bisnis gastronomi ini.

Kembali ke kuliner, ada tiga pilihan fajitas yang ditawarkan. Saya pilih ‘Amigos Mixto Asada’. Tiga nama berbeda dari Fajitas hanya untuk membedakan isi ketiganya yang berbeda. Daging yang digunakan adalah daging sapi, daging kalkun, dan campuran daging sapi juga kalkun serta terakhir menu vegetarian tanpa daging. Saya pilih daging ayam kalkun ditambah daging sapi. Jangan tanya soal rasanya! Ini enak sekali.

Sebelumnya roti tortila disiapkan, sementara di wajan pemanggangan diletakkan irisan daging dan sayuran. Hal menarik dari masakan Meksiko adalah diberi jagung manis yang direbus dan irisan alpukat. Sudah terbayang rasanya, ditambah sausnya yang katanya diracik sendiri. Kemudian daging dan sayuran yang sudah dipanggang dijadikan satu ke dalam roti tortilla. Roti tortila pun digulung dan siap disantap.

Kebetulan fajitas yang saya pilih adalah menu masakan yang siap disantap kapan pun dan dimana pun. Artinya tidak harus makan di restoran. Pengalaman saya makan fajitas di restoran Meksiko lainnya, roti tortilla dibiarkan terbuka lalu di tengahnya diletakkan hidangan sayuran, daging sapi panggang dan aneka saus.

Lain kali saya coba menu masakan Meksiko dengan nasi. Itu pemikiran saya.

Advertisements

Categories: FOOD

Tagged as: , , , ,

6 replies »

    • Hallo juga. Yups, saya punya beberapa kenalan asal Meksiko juga mengakui bahwa mereka suka makan pedas juga. Fajitas ini isinya adalah paprika yang dipanggang bersama daging kalkun atau sapi. Begitulah…

      Liked by 1 person

    • Betul mas, roti tortilla yang jadi pembungkus memang dibentuk seperti kebab. Hanya rasanya saja yang berbeda. Soal harga pastinya tidak buat kantong bolong mas hehehe

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.