ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Ayo Pilih Sampah dan Buang pada Tempatnya!

Salah satu kampanye untuk menjaga kebersihan di laut.

Hari Minggu datang, apa kesibukan anda di hari ini bersama keluarga? Bagaimana jika saya menawari ide untuk bersih-bersih rumah dan mengumpulkan sampah rumah tangga? Bagaimana pun ini bisa jadi ide menarik dalam keluarga seperti yang kami lakukan di sini bila akhir pekan tiba. Siapa pun yang tinggal di Jerman harus tahu dan patuh tentang perilaku membuang sampah di sini.

Miris juga saya mendengarnya beberapa waktu lalu bahwa ada berita bahwa ikan di laut mati karena tertelan sampah plastik. Ini bukan berita baik. Kebiasaan mengurangi kantong plastik bisa dimulai dari kita misalnya saat berbelanja ke supermarket. Kita bisa menggunakan tas yang bisa dipakai berulang-ulang. Penting juga diingat bahwa tidak lagi membuang sampah ke laut untuk melestarikan satwa di sana.

Kembali soal perilaku membuang sampah di sini, saya mengamati bahwa kesadaran adalah kunci keberhasilan program ini. Setiap hari sampah dibagi tiga yang memiliki tiga tempat berbeda di setiap rumah tangga. Pertama, sampah bio seperti makanan, tumbuhan dan segala yang masih bisa dimanfaatkan untuk pupuk dan kembali ke alam. Kedua, sampah kertas yang kemudian akan diolah menjadi kertas kembali atau kebutuhan lain seperti tissue. Ketiga, sampah multi yang bisa dimasukkan dalam segala sampah seperti plastik dan segala sampah yang tidak bisa dimasukkan sebagai bio atau kertas. Tiap tong sampah di Jerman untuk tiga keperluan di atas berbeda warna untuk memudahkan memilah sampah. Cokelat untuk sampah bio, biru untuk sampah kertas dan hitam untuk sampah multi.

Pusat pembuangan sampah tiap kota.

Dengan kesadaran, warga membawa sampah rumah tangga ke tempatnya.

Tiap mobil membawa sampah yang sudah dipilah dan dipilih. Tinggal dimasukkan sesuai tempatnya.

Contohnya kontainer yang berisi televisi usang ini.

Lalu tiap kota ada recyclinghof atau tempat pembuangan sampah rumah tangga. Jaraknya hanya beberapa menit dari rumah tinggal, artinya mudah dijangkau. Ini dimaksudkan agar tiap rumah tangga dapat mengelola sampahnya dan membawanya ke sini. Contohnya botol-botol yang berbeda warna dan jenis. Barang rumah tangga rusak dan tak terpakai seperti televisi, mesin cuci, mesin kopi dan sebagainya. Karton pembungkus barang rumah tangga pun ada tempatnya tersendiri. Memilah dan memilih sampah adalah tugas setiap warga masyarakat, bukan hanya petugas kebersihan.

Menurut saya kesadaran tiap warga di sini penting sehingga program kebersihan berjalan baik. Bayangkan bahwa orang di sini sampai menyimpan bungkus makanan di kantong atau tasnya sampai menemukan tempat sampah. Di hari Minggu atau wiken, mereka yang sibuk di hari kerja bisa meluangkan waktunya untuk membuang barang-barang tak terpakai sesuai tempatnya. Keren ‘kan.

Di situ pula terdapat petugas yang mengarahkan. Misalnya mesin kopi kami rusak, maka kami diarahkan untuk dibuang ke perabotan rumah tangga. Tiap rumah dan apartemen punya jadwal frekuensi pengambilan sampah. Misalnya tiap Selasa adalah pengambilan sampah bio. Selasa pagi atau Senin malam maka tong sampah bio yang berwarna cokelat sudah diletakkan di depan rumah oleh pemilik rumah. Ini memudahkan petugas mengosongkan tong sampah. Jadwal dibagikan rutin dan bilamana ada pembaharuan, ada informasi tersurat.

Untuk sampah plastik memang sudah diminalimisir penggunaanya di supermarket. Setiap berbelanja jika tidak ingin dikenakan biaya tambahan, wajib bawa kantong belanja sendiri. Bahkan mulai ada program sedotan berbahan kertas di gerai restoran. Semua program cinta lingkungan bermula dari kesadaran, sadar bahwa menjaga alam itu penting.

Jadi bagaimana hari Minggu anda?

Advertisements

Categories: ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Tagged as: , ,

9 replies »

  1. Thanks    for accepting and following my blog.

    I’m available to read your post at my convenient time.

    You have such an interesting topic I will love to read in
    your blog.

    I still remain  the simple blogger…..

    #PATRICKSTORIES
    Peace ✌and Love ❤

    Liked by 2 people

  2. Kereeen bangeeet… Di sini baru tempatnya saja yang bernama, tapi isinya sama semua.. Masih alhamdulillah tempatnya terisi, lebih miris lagi ketika tempatnya kosong namun isinya berhamburan di sisi-sisinya..

    Liked by 1 person

    • Tak masalah yang penting sudah buang sampah pada tempatnya. Namun di sini, saya diajarkan tidak sekedar buang sampah tetapi memilah dan memilih sampah lalu membuangnya sesuai tempatnya hehehe…

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.