Apa yang terbayang di benak anda jika makan kari ayam dengan kentang rebus? Bagaimana pun jika menyimak kata ‘kari’ tentu yang terbayang adalah warna masakan yang kuning, bau kunyit, santan dan menyantapnya dengan nasi. Namun kali ini, saya menawarkan kreasi dengan kentang sebagai pengganti nasi.

Pasalnya makanan ini dibuat agar bisa diterima oleh mereka yang menjadikan kentang sebagai makanan pokok. Alhasil kreasi ini ternyata enak juga. Apalagi warna kari yang kuning berpadu dengan kuningnya kentang membuat selera makan menjadi nikmat. Mau coba?

Nama menu berikut adalah Hühnerfleisch curry mit Kartoffeln. Intinya adalah kari ayam dengan kentang. Sengaja saya memilih kentang yang ukurannya mini. Jika anda tertarik mencobanya, boleh dicoba resep sederhana berikut.

Bahan yang diperlukan

  1. Daging ayam fillet.
  2. Kentang ukuran kecil.
  3. Pasta kari.
  4. Santan.
  5. Minyak sayur.
  6. Kaldu ayam.
  7. Air.
  8. Daun salam.
  9. Lengkuas.
  10. Cabai merah.
  11. Bawang merah.
  12. Paprika dan timun (pilihan saja).
  13. Air.
  14. Lengkuas.
  15. Garam, gula dan merica.

Cara memasak

  1. Anda bisa beli kentang kecil kemasan di supermarket. Panaskan air kemudian masukkan kentang hingga masak sesuai petunjuk kemasan. Namun jika tidak ada, kupas kentang. Masukkan kentang dalam panci berisi air hingga terendam semua. Setelah air mendidih, masak hingga kurang lebih 30 menit. Tiriskan airnya dan singkirkan sementara.
  2. Siapkan timun dan paprika. Iris timun dan paprika. Singkirkan sementara.
  3. Potong-potong daging ayam fillet. Haluskan bawang merah.
  4. Panaskan wajan dan masukkan minyak sayur. Masukkan bawang merah yang sudah dihaluskan, cabai merah, lengkuas dan daun salam. Setelah harum, masukkan potongan daging ayam. Masak sebentar dan tambahkan pasta kari.
  5. Tambahkan santan kelapa. Jangan terlalu kental! Saya tambahkan sedikit air dan kaldu ayam. Aduk-aduk dan tambahkan garam, gula dan merica bubuk. Diamkan hingga matang.
  6. Setelah matang, hidangkan kari ayam beserta kentang rebus! Sajikan bersama sayuran paprika dan timun yang masih segar.

Hmmm, bagaimana menurut anda? Perpaduan masakan barat dan timur yakni tak melulu kari selalu dihidangkan dengan nasi.

Selamat mencoba!