ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Geburthaus Papst Benedikt XVI, Mengenal Lebih Dekat Paus Benediktus XVI di Rumah Kelahirannya

Tampak depan museum.

Prasasti yang jadi panduan.

Letaknya berseberangan dengan Rathaus.

Informasi lain seputar bangunan museum.

Apakah anda masih mengenal tokoh dunia, Paus Benediktus XVI? Paus adalah jabatan tertinggi dalam hierarki gereja katolik. Paus yang berasal dari Jerman ini juga mengundurkan diri dari yang jabatan yang seharusnya diembannya karena alasan kesehatan. Namun siapakah Paus Benediktus XVI tersebut?

Untuk melihat sosoknya lebih dekat, saya mendapati rumah kelahirannya yang disebut dalam bahasa Jerman yakni geburthaus. Di Jerman saya bisa mendapati geburthaus para tokoh publik agar kita bisa mengenal sepak terjang mereka lebih dekat lagi. Salah satunya Paus yang berasal dari Bavaria, Jerman ini. Dilahirkan dengan nama Joseph Aloisius Ratzinger, beliau lahir pada 16 April 1927 di Marktl, Bavaria. Tepatnya di rumah yang sekarang dijadikan museum ini.

Kami hanya melintas sebentar ke kota kecil Marktl, sehingga masih terlalu pagi untuk membuka pintu museum. Rumah yang dijadikan museum ini begitu mudah terjangkau karena berada di seberang Rathaus, kantor pemerintahan kota Marktl. Sebelum kita memasuki pintu masuk saja, kita sudah mengenali figur Paus Benediktus XVI dalam bentuk patung atau plakat.

Rumah kelahiran Paus Benediktus XVI kemudian diubah menjadi museum dan dibuka sejak April 2007. Bangunan ini sendiri sudah didirikan sejak tahun 1701. Untuk berkunjung, kita perlu bayar dan menyimak pemberlakukan jam operasionalnya. Semisal bulan November hingga masa Paskah maka museum tutup.

Di museum ini kita bisa mendapati bagaimana sosok Paus dalam mendapati panggilan iman sejak lahir, kanak-kanak hingga terpilih menjadi Paus. Anda juga bisa mendapati figur Paus di salah satu dinding Frauenkirche di München. Konon beliau pernah menjabat sebagai uskup di situ.

Baca https://liwunfamily.com/2013/08/19/wisata-gratis-di-muenchen/

Berbagai benda peninggalan masih terawat apik di sini. Selain media visual seperti foto, di sisinya selalu tersedia informasi yang jelas. Di museum tersedia juga audio dalam lima bahasa, termasuk bahasa Inggris. Setiap tahunnya, ribuan pengunjung datang ke museum ini untuk mengenal Paus Benediktus XVI.

Menariknya bahwa bangunan-bangunan lama yang punya nilai sejarah tinggi masih dipertahankan di sini. Masih terawat dan terdokumentasikan dengan baik adalah bagian dari upaya pelestarian sejarah. Mungkin ide rumah kelahiran para tokoh nasional bisa dijadikan museum suatu hari kelak.

Advertisements

4 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.