ALL ABOUT DEUTSCHLAND

6 Pekerjaan Kala Musim Panas Tiba

Liburan musim panas tiba. Di wilayah Bavaria, tempat tinggal kami terhitung sejak Jumat (27/7) sudah selesai kalender akademik. Libur selama enam minggu pun terjadi di sini. Siapa yang tak senang liburan?

Sebagian orang sudah siap dengan tiket dan rencana liburan. Sebagian lagi mengambil kursus musim panas untuk meningkatkan kapasitas diri. Sebagian lagi kembali ke kampung halaman mengunjungi sanak keluarga. Dan terakhir sebagian lagi memilih untuk tetap tinggal di sini dan bekerja tambahan, summer job.

Mungkin pekerjaan ini asing di telinga kita manakala kita hanya punya dua musim. Namun tinggal di negeri empat musim, saya jadi beradaptasi bahwa mencari uang itu mudah asal ada kemauan. Musim panas punya waktu siang lebih panjang. Jadi jika harus bangun pagi, udaranya bersahabat dan sudah tidak gelap lagi. Tak hanya itu musim panas adalah paling asyik buat bekerja. Kebanyakan orang mengenakan pakaian casual seperti kaos t-shirt, celana/rok pendek dan semacamnya.

Berikut hasil pengamatan saya, pekerjaan sementara yang dilakukan kebanyakan mahasiswa atau orang yang ingin cari penghasilan tambahan kala musim panas.

1. Pramusaji

Di musim panas seperti ini, di Jerman tak pernah sepi dari turis baik itu turis domestik maupun turis mancanegara. Mereka pun senang menghabiskan diri di kafe atau restoran yang terbuka (outdoor). Tak hanya itu saja, area biergarten yakni tempat nongkrong minum bir pun dilakukan di area terbuka. Jadi jumlah pengunjung restoran/kafe pun meningkat. Belum lagi mereka senang membakar tubuh mereka di kala siang. Itu sebab lowongan kerja sebagai pramusaji meningkat. Perlu diingat, pramusaji di Jerman untuk kafe/restoran juga merangkap kasir.

2. Asisten dapur

Jika musim dingin membuat orang malas beraktivitas di pagi hari. Namun untuk musim panas, banyak hal sudah dimulai di pagi hari. Bagi mereka yang belum lancar berbahasa Jerman, mereka bisa mengambil pekerjaan sebagai küchenhilfe atau asisten dapur. Mereka bisa bekerja di dapur kafe, restoran atau hotel. Musim panas membuat orang senang berpergian. Tentu jumlah tamu pun meningkat.

3. Petugas hotel (hotel housekeeper)

Sehubungan dengan meningkatnya turis yang menginap, tak jarang banyak hotel juga menawarkan pekerjaan kontrak selama musim panas. Umumnya mereka membutuhkan tenaga untuk membersihkan kamar, semacam hotel housekeeper. Jika kemampuan berbahasa Jerman sudah lancar, hotel juga mencari sebagai tenaga tambahan di front office. Mungkin saja karyawan tetap yang bekerja di posisi tersebut sedang berlibur. Jadi wajar mereka merekrut tenaga sementara di situ.

4. Pemandu wisata

Jerman memiliki banyak kota tua yang patut dijelajahi. Seiring meningkatnya turis, kebutuhan untuk menyediakan pemandu yang mahir berbahasa Jerman dan bahasa asing lainnya amat sangat diperhitungkan. Jika kita punya kemampuan melayani sebagai pemandu wisata, punya informasi wisata yang mumpuni plus punya pengetahuan berbahasa asing untuk negara Eropa, silahkan saja melamar di posisi ini.

5. Asisten di area wisata

Apa saja yang dimaksud asisten di area wisata? Ada yang bekerja sebagai tenaga kebersihan di wilayah wisata. Ada pula yang bekerja sebagai penjaga tiket. Ada pula yang harus melayani pengunjung di kafe/restoran di area wisata. Ada pula yang menjadi penjual es krim di area wisata. Kapan lagi banyak orang membeli es krim jika bukan musim panas. Mereka yang jeli melihat peluang ini, membuka konter es krim saat musim panas. So peluang kerja pun bisa ditangkap mata.

6. Kerja di kapal wisata

Terakhir bekerja di kapal wisata. Kapal wisata ini melayani rute tempuh yang pendek. Musim panas menjadikan orang senang menikmati keindahan alam di kapal wisata. Di musim dingin, kapal wisata tidak beroperasi. Bekerja di kapal wisata mulai dari asisten dapur yang menyediakan makanan bagi para tamu. Atau mereka yang bergerak sebagai pramusaji.

Demikian hasil pantauan saya. Sepanjang kita punya niat bekerja di negeri orang, bukan tidak mungkin anda juga berhasil mengumpulkan pundi-pundi uang.

Selamat liburan di musim panas!

Advertisements

7 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.