PSYCHOLOGY

Obat Terbaik Adalah Hiburan, Pepatah India

Seharusnya ditulis “das beste heilmittel sorgen ist die Unterhaltung.”

Selamat berhari Minggu semua! Apa rencana anda di hari Minggu ini? Mungkin anda punya ide setelah membaca tulisan saya berikut.

Era tahun 1980-an saat saya masih kecil, saya suka sekali menyaksikan tayangan serial Mahabrata atau Ramayana dari India. Banyak hal bisa dipelajari, bukan hanya soal kultur namun tentang falsafah kehidupan. Ya, India memang terkenal dengan Bollywood-nya. Seolah tak mau kalah dengan Hollywood punya Paman Sam maka India juga berhasil menghasilkan karya-karya film yang mumpuni juga.

Hal ini menjadi alasan pemikiran saya ketika saya baru-baru ini membaca pepatah bijak asal India. Di situ tertulis dalam bahasa Jerman tentunya karena saya mendapatinya sedang di Jerman “das beste heilmittel sorgen ist die Unterhaltung.” Terjemahan bebasnya adalah obat terbaik adalah hiburan.

Pernah saya bekerja dengan orang India, yang berpendapat bahwa selama hidupnya dia tak pernah sakit. Antara percaya atau tidak dengan ucapannya, nyatanya dia memang terlihat fit dan tak pernah mengeluh sakit selama saya berinteraksi dengan dia. Ini memang tidak bisa digeneralisasikan, namun mungkin ada kaitannya bahwa hiburan semacam film India digemari di negeri asalnya.

Padahal jika kita melihat film-film India, isinya juga ada nyanyian. Menangis dan tertawa pasti menyanyi. Saya pun heran, mengapa. Ketika saya sampaikan pendapat saya ini ke teman asal India. Dia berpendapat, “Nyanyian itu ekspresi kehidupan masyarakat India, Anna.” Katanya dalam bahasa Inggris. Sudah sejak jaman dahulu, menyanyi tak lepas dari budaya yang menjadi kehidupan masyarakat India. Karena itu adalah hiburan sehari-hari bagi kebanyakan masyarakat India. Saya yang mendengarnya takjub. Mungkin itu sebab teman saya ini jarang sakit karena selalu menghibur dirinya. Itu pemikiran saya.

Satu lagi yang membuat saya heran, dia berpendapat bahwa menghibur diri dengan bernyanyi atau membuat humor adalah ekspresi agar hidup tak pernah bosan. Teman saya ini memang humoris di sela-sela kami beraktivitas. Rasanya pepatah India ini berkaitan dengan pepatah bijak asal Indonesia bahwa hati yang gembira adalah obat. Betul ‘kan?

Belajar dari negeri Bollywood, kita bisa belajar satu hal. Jika enam hari sudah dibuat bosan dengan pekerjaan dan pernak-pernik kehidupan, buatlah satu hari di hari Minggu menjadi hari yang menghibur anda! Tak perlu bayar mahal dengan pergi ke tempat hiburan, cukup tertawa, bernyanyi, bermain bersama keluarga atau bahkan menari jika mungkin. Toh, hanya anda dan keluarga yang melihat.

Hiburan itu bukan hanya penting, tetapi utama. Karena kita bisa lebih sehat.

Ayo, bergembira di hari Minggu!

Advertisements

Categories: PSYCHOLOGY

Tagged as: , , ,

4 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.