FOOD

Ražnjići, Sate Ala Kroasia: Makanan Khas Balkan (2)

Sate ala Kroasia, makannya dengan nasi pedas dan kentang goreng.

Ini bukan sambal kacang atau sambal kecap sebagaimana sate umumnya.

“Aduh, saya sedang rindu makan sate,” ujar saya pada suami akhir pekan. Akhirnya kami meluncur mencari restoran Asia di kota lain yang belum pernah dicoba.

Tiba-tiba suami ada ide untuk makan di restoran khas Kroasia. Katanya, mungkin dalam daftar menu ada makanan semacam sate. Ya, ini memang bukan kali pertama kami menikmati sajian khas Balkan ini. Makanan utama mereka kebanyakan tersaji dengan daging panggang.

Rupanya kerinduan saya terjawab, mobil berhenti di suatu kota, tepat di depan restoran Kroasia – Bayerisch. Itu artinya restoran menyajikan hidangan Kroasia dan juga ala Bavaria, Jerman. Kemudian kami berdua segera memesan menu Kroasia.

Untuk kali ini, saya akan mengulas pesanan saya. Saya memesan Ražnjići. Jangan tanya bagaimana saya menyampaikannya ke pramusaji! Jika anda kesulitan menyebutkan nama makanan yang hendak dipesan, silahkan sebutkan nomor menu! Atau anda bisa juga tunjuk gambar yang tertera di buku menu. Ini cara saya selama traveling.

Selang tak beberapa lama, pramusaji menyedikan minuman pesanan untuk kami. Tampak sebagian pengunjung menikmati hidangan Kroasia lainnya, sementara yang lain menikmati segelas bir. Dalam hitungan menit, segera pramusaji menyediakan salad pembuka yang berisi sayuran segar untuk kami. Untuk salad, dibahas pada cerita selanjutnya bersamaan dengan pesanan suami.

Menu utama datang. Pesanan saya, Ražnjići pun datang. Satu piring besar terhias indah, dengan dua tusuk sate yang terbuat dari besi. Di sini tusuk sate biasa dilakukan dengan bilah besi. Dagingnya bisa berasal dari daging sapi, daging ayam, daging domba atau daging babi. Dagingnya memang dipotong kecil-kecil sehingga memudahkan untuk mengunyah. Saat saya mengunyah, daging terasa empuk dan tidak berbau.

Oh ya, untuk menikmati makanan ini ada irisan bawang merah besar. Bisa juga dipakai sebagai garnish namun jika suka bisa dimakan. Hidangan ini tersedia dengan dua jenis side-dishes, yakni kentang goreng dan nasi pedas. Nasi pedas disebut djuvecreis, yang memang menjadi makanan khas Kroasia. Porsi ini benar-benar mengenyangkan buat saya.

Baca https://liwunfamily.com/2018/02/24/balkan-spezialitaten-grillplatte-fur-zwei-kroatian-grill-rekomendasi-tempat-13/

Terakhir, saya tidak menyadari bahwa sate ini bisa dinikmati dengan saus yang disediakan. Dua saus yang disediakan terlihat menarik. Satu saus yakni tsatsiki, rasanya asam dan berasa bawang putih. Sedangkan saus lain berasa pedas, terdiri dari tomat, cabai dan bawang putih.

Hmm, bagaimana menurut anda?

Advertisements

Categories: FOOD

Tagged as: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.