FOOD

Gòi Du Dù, Salad Asam Manis Pakai Daging Sapi ala Vietnam: Makanan Khas Asia (35)

Makan siang dengan salad bisa jadi pilihan baik kala musim panas. Pasalnya udara di luar yang terik tentu tak ingin membuat tubuh berkeringat lebih banyak lagi karena makan siang. Itu pemikiran saya. Akhirnya saya mampir ke salah satu restoran Asia milik orang Vietnam di pinggiran Nürnberg.

Saya memilih duduk di luar sambil menikmati lalu lintas di depan restoran. Ternyata pengunjung restoran pun memilih duduk di luar ketimbang di dalam. Seorang pria berperawakan Indochina datang menghampiri saya. Dia menyerahkan buku menu sembari menanyakan pesanan minum yang dikehendaki. Saya pilih jus jeruk murni. Di sini kita biasa menyebutnya “Orangensaft pure bitte” maksudnya adalah jus jeruk murni. Pure sendiri adalah bahasa Inggris.

Mata saya tertuju pada salad yang dijelaskan dalam bahasa Jerman. Nama salad tersebut dalam huruf Vietnam, Gòi ďu dù yang tentunya saya tidak paham apa artinya. Dari penjelasan bahasa Jerman dikatakan bahwa salad ini berasa asam manis dan menyegarkan. Semua sayuran fresh, namun hanya daging sapi saja yang dimasak. Ini mengingatkan saya pada salad ‘Yam Nua’ yang pernah saya makan di restoran Thailand – Jerman. Salad tersebut saya ceritakan di sini.

Baca https://liwunfamily.com/2018/06/30/yam-nua-thai-rindsalat-salad-asal-thailand-makanan-khas-asia-29/

Dengan begitu saya bisa membedakan kedua salad tersebut. Salad Yam Nua dari Thailand punya porsi yang cukup besar. Isinya sebagian besar sayuran ditambah daging sapi yang dipanggang sebelumnya. Kuah salad benar-benar saya suka karena asam manis dan pedas. Lalu ini juga yang membedakan dari salad Vietnam, makan ‘Yam Nua’ bisa dengan roti. Tentu harganya pun lebih mahal.

Pesanan saya di restoran Vietnam pun datang. Semangkuk ukuran sedang berisi aneka sayuran plus daging sapi yang juga dipanggang. Ada daun mint, daun ketumbar, timun, tomat dan wortel yang diiris dicampur bihun. Tak ada roti untuk menikmatinya. Sebagai topping diberi taburan kacang dan bawang merah goreng. Jangan ditanya soal rasa! Enak pastinya! Rasa asam, manis dan segar jadi satu. Salad ini tidak berasa pedas ketimbang salad Thailand.

Begitulah hasil ulasan saya pada dua salad yang mirip tetapi berasal dari kedua negara Asia Tenggara yang bertetangga.

Menurut anda, anda akan mencoba salad asal Vietnam ini atau salad Yam Nua asal Thailand sebelumnya?

Advertisements

Categories: FOOD

Tagged as: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.