FOOD

Grünes Thai Curry, Kari Hijau dengan Daging Ayam: Makanan Khas Asia (36)

Kari Hijau asal Thailand, tanpa santan kelapa.

Makanan kari bila ditelisik di sini bisa berasal dari India, namun bisa juga kari datang dari sajian Thailand. Ternyata perbedaan kari kedua negara tersebut jelas berbeda. Saya melihat perbedaannya, saya kerap mencicipi kari asal Thailand.

Makanan kari asal Thailand umumnya disajikan dengan santan kelapa. Selain itu jika melihat penampakan makanan berkari, biasanya warnanya kuning kemerah-merahan. Pasalnya beberapa kali saya membahas soal kari bahwa warnanya memang berasal dari aneka rempah, termasuk cabai. Namun makanan yang saya pesan berikut, Grünes Thai curry tidak berwarna kuning kemerah-merahan.

Grünes Thai curry merupakan kari hijau dari Thailand dengan tambahan daging ayam. Saya memesannya di warung mahasiswa. Pengelola dan penyajinya adalah mahasiswa berambut pirang. Biasanya kedai dan restoran Asia selalu berwajah dan berperawakan Asia. Dengan ramah mereka menjelaskan bahwa makanan ini pedas. Di sini setiap menu biasanya diberi tambahan informasi jika rasanya pedas. Lantas saya jawab, saya paling suka makanan pedas.

Makanan segera dihidangkan dalam mangkuk besar. Seperti terlihat dalam foto, ada nasi dan aneka sayuran yang tergenang dalam kuah berwarna hijau. Kuah hijau adalah kari hijau yang diberi daun salam dan aneka rempah. Rasanya benar-benar masam dan pedas. Hampir maag saya menderita menyantapnya.

Sayuran yang digunakan adalah irisan kol, timun, wortel, paprika dan daun ketumbar. Makanan ini memang disajikan dengan nasi. Sayangnya saya lebih suka nasi terpisah dari kari. Oh ya, ada kacang tumbuk yang tak halus bercampur di dalam kari. Boleh dibilang seperti karedok atau gado-gado ya?

Jika anda suka asam dan pedas, makanan ala Thailand memang perlu dicoba. Salad memang makanan menyehatkan. Apalagi makanan kari yang saya santap ini tanpa santan kelapa sebagaimana umumnya kari lainnya.

Advertisements

Categories: FOOD

Tagged as: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.