TRAVELING

Wolfgangsee, Mendadak Jadi Danau Populer Karena Keindahannya (1)

Danau dibalik jendela depan gereja St. Wolfgang.

Indah ‘kan?

Pantulan sinar matahari itu yang membedakan dengan danau-danau lain.

Hari ini 15 Agustus menjadi hari libur di sebagian wilayah Jerman yang bermayoritas Katolik. Pasalnya hari ini dirayakan sebagai “Maria Himmelfahrt” yang diterjemahkan menjadi “Hari Raya Maria Diangkat ke Surga” dan menjadi bagian dari kalender liturgi gereja katolik. Tentu tidak ada kegiatan bisnis seperti mall, perkantoran, bank dan fasilitas umum libur. Karena libur itu, saya ajak anda menikmati panorama danau wolfgangsee di Austria.

Sebagaimana cerita saya terdahulu bahwa saya baru saja mengunjungi danau fuschlsee yang letaknya tak jauh dari Salzburg. Cerita saya bisa ditemukan di sini dan juga ini.

Setelah menghabiskan kesenangan di danau tersebut, berjarak 9 kilometer ada danau yang tak kalah cantiknya. Ya, danau itu bernama wolfgangsee. Konon danau ini terkenal karena pernah dijadikan tempat syuting film di era tahun 1950-an. Bahkan danau ini memiliki jalur langsung dari Munich, Jerman karena begitu banyak orang Jerman yang sering berlibur di sini.

Tak hanya itu, mantan kanselir Jerman Helmut Kohl punya resort pribadi juga di dekat danau wolfgangsee. Dia dikabarkan lebih dari tiga puluh tahun sering menghabiskan libur musim panas di situ. Keindahan danau ini jadi populer karena sering disebut sebagai tujuan wisata orang-orang ternama. Mumpung masih musim panas, kami pun segera meluncur ke danau wolfgangsee.

Nama danau wolfgangsee disebut dalam literatur pada abad 14. Meski ada juga nama lain yang diberikan pada danau ini. Mendadak nama danau wolfgangsee jadi lebih populer sebagai tujuan wisata musim panas sejak usai perang dunia kedua. Ditambah film yang populer di Jerman dan Austria tahun 1950-an mengambil lokasi di salah satu hotel di tepi danau.

Karena letaknya yang saling berdekatan antara tiga danau di wilayah Salzkammergut maka dibentuklah asosiasi pariwisata yang semakin mempopulerkan ketiga danau, termasuk wolfgangsee. Kecantikan danau tercermin dari kerlip matahari yang terpantul dari permukaan danau. Pasti anda setuju jika dikatakan danau ini benar-benar indah.

Di sini banyak hal bisa dilakukan. Hasil pengamatan saya menunjukkan ada saja orang berenang di danau ini. Katanya airnya yang jernih memungkinkan orang menyelam dan menikmati keindahan bawah danau. Sebagian lagi tentu menikmatinya dengan olahraga air, menumpang ferry atau duduk di tepi danau sudah cukup membuat mata terkagum-kagum.

Advertisements

Categories: TRAVELING

Tagged as: , , ,

2 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.