Penampakan burrito di awal, ditutup dengan roti khas Meksiko.
Penampakan burrito setelah dibuka.

Apa yang terbayang dalam benak anda jika mendengar makanan dari Meksiko? Jika pertanyaan ini saya utarakan pada teman-teman saya di sini, jawabannya rata-rata bahwa masakan Meksiko itu pedas. Ada benarnya juga bahwa masakan mereka tak jauh dari rasa pedas. Namun saya juga suka karena makanan Meksiko juga tersedia nasi. Penasaran ‘kan?

Makanan berikut dari Meksiko bernama burrito dan sudah cukup mendunia. Pasalnya saya pernah mencicipinya di restoran Meksiko di Jakarta. Namun kali ini burrito tidak disajikan secara eksklusif, melainkan saya mendapatinya di food truck saat ada festival. Itu berarti makanan ini dikemas praktis dan tentunya harganya terjangkau.

Menurut pengakuan teman mahasiswa asal Meksiko, burrito adalah makanan yang lengkap tersaji. Di dalam isian roti, yang dibungkus layaknya donner, ada nasi, daging dan salad sayuran. Begitu lengkapnya sehingga saya memakannya sudah berasa kenyang. Burrito yang disajikan di restoran dulu, nasi dan roti terpisah. Roti yang dimaksud adalah tortilla, roti pipih yang terbuah dari jagung.

Untuk menunjukkan isi burrito maka saya membukanya. Anda dapat melihat sendiri, ada salad sayuran seperti daun salada air dan tomat. Tak hanya itu, makanan Meksiko juga identik dengan kacang-kacangan atau jagung. Ya, ada kacang merah yang sudah masak. Dan menariknya, ada potongan alpukat di dalam aneka sayuran. Sayuran saja sudah cukup mengenyangkan.

Lanjut isian lain ada daging sapi cincang yang berbumbu. Ditambah ada nasi diselipkan di dalam. Kira-kira sebanyak satu sendok. Saya pikir ini menu yang cukup mengenyangkan saat saya memesannya kala makan siang tiba.

Bagaimana menurut anda?