FOOD

Minuman Yoghurt ala Italia, India dan Turki

Yoghurt ala Italia, dibuat dengan tambahan buah segar.

Ada banyak kuliner yang sudah diulas, namun rasanya perlu juga saya membahas aneka minuman menarik yang biasanya belum dijumpai di Indonesia. Minuman berikut diaku sebagai minuman tradisional atau minuman khas yang kerap dijumpai di suatu negara. Ya, yoghurt ternyata minuman khas yang dibuat di beberapa negara di bawah ini.

Apa saja?

1. Lassi (India)

Saat saya bertandang ke restoran tradisional India, saya tertarik dengan minuman racikan mereka sendiri. Minuman ini ditawarkan dengan dua rasa yakni manis atau asam. Setelah saya coba, rasanya cukup enak. Saya pun langsung melakukan penelurusan tentang komposisi minuman ini. Yoghurt ala India ini terdiri atas daun mint, jinten, kayu manis, air dan yoghurt.

2. Ayran (Turki)

Masih soal yoghurt, ada minuman lain yang juga sama enaknya. Minuman ini ditawarkan saat saya memesan doner kebab di kedai milik orang Turki. Karena penasaran nama minuman ini tertera di menu, saya pun memesannya.

Si penjual bercerita bahwa ayran merupakan yoghurt berasa asam namun juga terkadang mengandung rasa buah. Biasa disajikan di wilayah Turki dan sekitarnya. Bahkan ayran disajikan sebagai suguhan tamu yang datang.

3. Yogurt ala Frutta (Italia)

Früchtejoghurt adalah nama menu yoghurt yang tertera di buku menu. Sesungguhnya yoghurt ini dijual di kedai milik orang Italia. Penjual mengaku membuat sendiri yoghurt tersebut agar rasa dan komposisinya pas di lidah. Yoghurt dibuat dengan minim gula, maka diberi tambahan buah segar seperti pada gambar di atas. Agar menarik, yoghurt diberi beberapa irisan buah segar dan satu scoop es vanila. Jangan ditanya soal rasa! Ini enak sekali.

So, dari ketiga yoghurt di atas, mana yang jadi selera anda?

Advertisements

Categories: FOOD

Tagged as: ,

7 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.