Pola-pola, Ketika Semua tersaji Setengah-Setengah: Makanan Khas Balkan (3)

Pola-pola, makanan khas Kroasia.
Salad yang disajikan sebagai hidangan pembuka.

Makanan berikut yang saya sajikan masih berhubungan dengan negeri Kroasia. Saya mendapatinya di salah satu restoran yang mengklaim spesial hidangan Bayerisch – Kroatisch. Namanya pola-pola, unik ya. Hidangan ini dipesan oleh suami, sedangkan pesanan saya sudah termuat di sini.

Pola-pola adalah makanan perpaduan aneka kuliner kroasia. Tentu jika kita tahu kuliner Kroasia, maka makanan populer yang sudah mendunia adalah cevapcici. Nah, cevapcici sudah dibuat dalam kemasan praktis dan mudah di supermarket-supermarket di Eropa. Menu pola-pola pun masih berkaitan dengan cevapcici.

Rupanya pola-pola memuat campuran aneka makanan kroasia yang sudah pernah saya makan dan bahas sebelumnya. Karena hidangan terdiri dari campuran yang setengah-setengah porsi, maka menu pola-pola bisa dikatakan menu setengah-setengah. Atau dalam bahasa jerman bisa juga dikatakan halb und halb. Halb sendiri diterjemahkan menjadi ‘setengah.’

Satu piring pola-pola terdiri atas setengah porsi cevapcici. Apa itu cevapcici? Silahkan lihat di sini!

Selanjutnya ada Raznjici, semacam sate ala Kroasia. Ini semacam daging yang ditusuk pada bilah metal kemudian dipanggang. Ini juga termasuk pesanan saya. Pada menu pola-pola, hidangan raznjici hanya ada satu tusuk.

Untuk menemani menyantapnya, ada nasi pedas ala Kroasia. Nasi pedas berasa paprika dan tomat ini disebut djuvecreis. Tak hanya nasi, di restoran Kroasia juga tersaji pommes atau kentang goreng. Keduanya tersaji bersamaan.

Hal menarik lainnya dalam hidangan Kroasia adalah potongan bawang merah di atas hidangan. Juga sambal khas yang selalu tersedia, yang bernama ajvar. Ini semacam sambal bersama bawang putih dan rempah-rempah untuk memberi rasa daging. Sambal ini juga sudah tersedia di supermarket di sini.

Oh ya, setiap memesan menu maka kita mendapatkan sajian sayuran sebagai salad pembuka. Salad terdiri aneka sayuran segar dengan dressing asam manis. Sebelum menikmati makanan utama, salad ini selalu disajikan di muka.

Hmmm, rasanya setengah tak percaya bahwa semua tersaji dengan lezat. Meski setengah-setengah, tetapi semua enak.

Author: Anna Liwun

I can do all things through Christ who strengthens me [Philippians 4:13]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.