OPINION

Sudahkah Anda Berlibur Tahun Ini? Ini 8 Alasannya

Semangat hari Senin! Di tengah kesibukan beraktivitas, tunggu! Apakah anda sudah menyempatkan berlibur tahun ini? Maksudnya adalah mengambil cuti sejumlah hari dan pergi meninggalkan aktivitas harian kemudian memilih aktivitas yang menyenangkan diri. Nah, apakah anda sudah melakukannya?

Di sini sebagian besar orang sedang pergi berlibur. Liburan musim panas dan liburan agenda akademik menjadi alasan orang mengambil cuti. Liburan bukan lagi menjadi kebutuhan tersier. Liburan adalah kebutuhan yang penting. Penting untuk diperjuangkan oleh seorang karyawan. Liburan adalah hak karyawan agar performa kerja kembali prima.

Kembali ke judul, berikut alasan pentingnya liburan bagi orang-orang yang bekerja.

1. Meningkatkan keseimbangan hidup

Balance up your life! Hidup itu harus seimbang, ada saat bekerja dan ada saat berlibur. Itu sebab saat benar-benar bekerja, kita memang harus fokus dan bertanggungjawab pada tugas yang diberikan. Begitu pun sebaliknya. Saat memang sedang break liburan, manfaatkan itu dengan tidak pernah menyentuh pekerjaan dan tugas. Totalitas keduanya memang perlu agar hidup ini seimbang.

2. Meningkatkan kesehatan mental

Berbagai studi menyatakan bahwa liburan berdampak pada kesehatan mental. Berlibur tentu memiliki waktu ‘me time’ yang menyenangkan jiwa. Tentu ini mengurangi sakit jantung dimana saat bekerja kita terbiasa mengejar target pekerjaan. Belum lagi saat bekerja, kita punya pola hidup tak sehat seperti tidur larut, kurang tidur, kurang olahraga dan lain sebagainya. Liburan adalah cara mengembalikan semuanya itu.

3. Meningkatkan ikatan batin dalam keluarga

Saat sibuk bekerja, mungkin tak banyak waktu dengan pasangan atau keluarga. Liburan menjadi kesempatan untuk membangun komunikasi hati ke hati dalam keluarga. Liburan menjadi sarana untuk mendekatkan diri dengan pasangan dan buah hati, yang selama ini terlupakan saat sibuk beraktivitas.

4. Meningkatkan performa kerja usai berlibur

Bahkan seorang boss pun menyarankan karyawannya untuk mengambil waktu berlibur. Alasannya pun penting. Liburan akan membantu si karyawan termotivasi kembali bekerja. Dengan motivasi yang penuh bukan tidak mungkin akan meningkatkan performa yang jadi tuntutan pekerjaan. Memberikan kesempatan karyawan berlibur berarti menghargai hak karyawan untuk memiliki kebutuhan personal.

5. Meningkatkan kreativitas usai liburan

Lain cerita teman saya yang lain, dia memanfaatkan liburan agar bisa mendapatkan banyak insipirasi untuk pekerjaannya. Dia adalah pemilik restoran eksklusif. Dia mengambil dua minggu hingga satu bulan liburan dengan menjalani “wellness urlaub” yakni liburan yang menyehatkan jiwa raga. Dia memilih liburan ekslusif, banyak rileks seperti pijat dan spa. Setelah liburan yang membuat tubuh rileks, dia mengatakan bahwa dia akan menemukan beberapa menu kreativ terbaru yang disajikan di restorannya. Liburan itu bisa membuat orang yang bekerja lebih kreatif karena terinspirasi dengan banyak hal yang dialami saat liburan. Mungkin saat sibuk bekerja, waktunya tak cukup untuk berkreativitas.

6. Mengurangi stress dan ketegangan bekerja

Jika saat berlibur, anda justru mengalami stress dan ketegangan maka bisa jadi anda salah menentukan liburan. Liburan seharusnya membuat diri lebih rileks dan menyenangkan jiwa raga. Jika setiap hari anda berkejar-kejaran dengan waktu dan target maka liburan adalah kesempatan untuk mengurangi itu semua. Dengan begitu tubuh lebih bugar, sehat dan prima. Liburan jadi mood booster sekembalinya bekerja.

7. Meningkatkan kesuksesan dalam karir

Liburan menjadi kesempatan untuk merevitalitas hidup. Bisa jadi liburan memberi energi baru menjadi pribadi yang baru. Sekembalinya dari liburan, pekerja diharapkan lebih produktif dari sebelumnya. Banyak orang terinspirasi liburan saat musim panas atau sekitar pertengahan tahun. Ini menjadi reviu atas karir pekerjaan yang dibuat. Dengan begitu kesempatan liburan menjadi cara meraih sukses hidup.

8. Meningkatkan kebahagiaan hidup

Bagaimana pun bahagia dalam hidup tidak pernah dilupakan. Banyak cara juga menjadi bahagia. Salah satunya memanfaatkan kesempatan liburan untuk tetap berbahagia. Bisa pergi kemana pun yang disuka. Atau melakukan apa pun yang membuat anda bahagia. Itu adalah liburan. Liburan pasti disukai siapa pun, tua, muda dan anak-anak. Karena liburan itu membahagiakan.

Kesimpulan

Demikian delapan alasan yang saya buat menjelang liburan musim panas. Apakah anda punya alasan lain? Liburan itu penting sebagai cara menyeimbangkan beban pekerjaan.

Advertisements

Categories: OPINION

Tagged as: ,

3 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.