ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Gemischter Brotkorb, Makan Malam nan Simpel: Makanan Khas Jerman (43)

Makan malam yang simpel, cukup roti, beberapa iris daging dan salad dingin.

Jika tak ingin makan daging, sandwich keju mozarella bisa jadi pilihan.

Apa yang biasa disantap kebanyakan orang Bavaria saat makan malam? Sebagian besar mereka memilih makanan yang dingin, tak perlu banyak waktu untuk memasak, porsinya tak besar dan tentu yang praktis. Ya, kalt essen menjadi keseharian saat menikmati makan malam. Meski bisa saja kalt essen dilakukan kala sarapan atau makan siang.

Baca https://liwunfamily.com/2017/08/27/kalt-essen-makanan-dingin-ala-jerman-tak-perlu-dimasak/

Gemischter brotkorb sebenarnya lebih diartikan aneka roti dalam suatu wadah. Roti sendiri dinikmati dengan aneka sajian, mulai dengan keju kemudian daging hingga salad sayuran. Semuanya itu begitu mudah dinikmati tergantung bagaimana anda memulainya. Tidak ada aturan.

Sajian ini tersedia dalam porsi besar, sedang atau kecil. Gambar di atas adalah porsi kecil. Porsi besar biasanya lebih lengkap dan lebih banyak sajian seperti telur rebus atau hidangan salad sayuran yang lebih banyak. Dalam porsi besarnya misalnya rotinya tersedia tidak hanya satu jenis. Di Jerman ini saya belajar aneka varian roti yang memang berbeda jenis, rasa dan tujuan pemanfaatannya.

Gemischter brotkorb atau sejenisnya memang tersedia di restoran tradisional Bavaria. Harga satu porsinya tidaklah mahal. Karena penyajiannya pun tidak memerlukan waktu untuk memasak atau mengolahnya.

Begitulah, lain tempat lain kebiasaan. Awalnya saya merasa aneh menikmati makanan dingin sejenis sandwich, tanpa dimasak sebelumnya. Jika tak ingin makan daging, pilihan lain misalnya roti sandwich yang di dalam diberi keju mozarella dan tomat. Setelah itu beri taburan bubuk penyedap khusus mozarella. Agar tetap menyegarkan, beri daun salada air. Itu sudah jadi makan malam.

Makanan ini praktis sebagai bekal jika tak punya waktu untuk memasaknya. Tak perlu repot memasak atau menghangatkan kembali untuk menyantapnya. Mudah ‘kan!

Advertisements

2 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.