TRAVELING

Colmar, Perancis Itu Desa Kelahiran Pembuat Patung Liberty (3)

Replika patung liberty ditempatkan di muka pintu masuk menuju Colmar.

Petunjuk menuju museum Bartholdi.

Tampak depan museum.

Depan pintu masuk.

Salah satu pojok karya Bartholdi lainnya yang dipajang.

Melanjutkan kunjungan saya ke Colmar, desa tercantik yang jadi tujuan wisata di Perancis maka kali ini saya bercerita tentang Bartholdi yang berkaitan dengan desa kelahirannya.

Bartholdi dikenal dengan nama lengkap Frèderic-Agustè Bartholdi lahir di Colmar 2 Agustus 1834. Kemudian tahun 1904, ia wafat di Paris, Perancis. Semasa hidupnya, ia dikenal sebagai pemahat dengan beragam karyanya yang sudah mendunia dapat disimak di museum peninggalannya di Colmar. Salah satu karyanya yang memukau adalah patung liberty yang jadi kebanggaan kota New York.

Patung liberty sendiri ditujukan sebagai simbol kemerdekaan setelah 4 Juli 1876 Amerika Serikat mendeklarasikan kemerdekaannya. Lalu Perancis memberikan hadiah patung liberty karya Bartholdi yang kemudian ditempatkan di kota New York. Patung tersebut selesai dibuat tahun 1886 dan menjadi karya megah. Kini siapa pun yang datang ke New York, pasti ingin berkunjung ke patung tersebut.

Untuk mengenang karya Bartholdi di Colmar, ada museum Bartholdi. Tak hanya itu beberapa simbol menjadi penuntun menuju museum berlukiskan wajah patung liberty. Dan anda juga bisa menemukan replika patung liberty yang tingginya sekitar orang dewasa, yang ditempatkan di pintu masuk Colmar. Jika anda datang atau pergi ke Colmar dari Perancis.

Museum Bartholdi berada di area pusat wisata dengan berjalan kaki. Sejak tahun 1922, tempat yang semula hotel dijadikan tempat menyimpan karya Bartholdi. Akhirnya museum ini menyimpan riwayat hidup pria di belakang karya maha megah patung liberty semasa hidupnya. Juga ada banyak karya seperti sketsa, lukisan dan karya lainnya yang dipajang di sini.

Di lantai bawah, ada sembilan replika dari monumen publik yang dirancang para perupa dari Colmar pada tahun 1856 hingga 1902. Sedangkan di lantai pertama, penempatan karya-karya memukau dari Bartholdi yang sudah dikurangi skalanya. Di lantai yang sama juga ada lukisan tentang perjalanan Bartholdi ke negeri oriental. Selanjutnya pada lantai dua terdapat tiga ruang yang berisi karya-karya Bartholdi lain seperti monumen di Amerika Serikat, pameran patung liberty hingga karya lainnya.

Untuk mengunjungi museum, perhatikan waktu berkunjung di brosur turis. Karena bisa saja ada hari atau periode tertentu libur. Di sini juga tersedia pemandu wisata jika diperlukan. Tiket masuk sebesar 6€ per orang.

Advertisements

Categories: TRAVELING

Tagged as: , , ,

2 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.