ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Frittatensuppe, Sup Irisan Pancake: Makanan Khas Jerman (45)

Sup irisan pancake, griesnockerl, daging sapi dan sayuran.

Ini hanya sup irisan pancake dengan kaldu sapi.

Apakah anda tahu pancake? Saya pernah memuatnya di link ini. Itu loh semacam kue crepes yang tipis terbuat dari tepung terigu dan telur. Makanan crepes sudah tak asing lagi di daratan benua Eropa. Saya sudah menemukannya mulai dari Perancis hingga Hungaria. Makanan manis ini umumnya bisa disajikan sebagai kudapan.

Di Indonesia tentu anda pasti menjumpai aneka ragam pancake. Pastinya pancake itu berasa manis bahkan semakin manis bila disajikan dengan cokelat, selai atau es krim. Namun ternyata ada juga pancake yang berasa tawar atau memang tidak cocok sebagai kue. Pancake ini yang dibahas sebagai sajian menjadi sup.

Awalnya saya merasa aneh bagaimana mungkin pancake bisa jadi sup. Ibu mertua menyajikan saat saya mampir di musim dingin. Dia membuat sendiri pancake yang katanya cukup mudah. Hanya bermodalkan penggorengan datar yang anti lengket, ditambah tepung terigu, air dan telur. Mengolahnya seperti kue cucur, tangan harus cepat saat panas.

Setelah jadi pancake, siapkan air panas beserta kaldu sapi atau kaldu ayam sesuai selera anda. Siapkan sayuran seperti irisan wortel misalnya, atau daun seledri. Campurkan bersamaan menjadi sup bersama irisan pancake. Mudah ‘kan!

Karena berbentuk sup, saya mendapati jajanan ini di pasar menjelang natal. Sedangkan kedua menu sup pancake di atas, saya dapatkan kala saya mampir di restoran tradisional. Kebetulan saya sedang ingin makanan yang hangat. Saya memilih sajian sup pancake sebagai hidangan pembuka.

Jika anda bisa berkreasi, silahkan juga lihat menu sup pancake paling atas! Ada griesnockerl, tepung khusus yang dibuat bola-bola. Lalu ada irisan daging sapi dan beberapa irisan sayuran.

Saya yakin anda bisa mempraktikkannya di rumah karena mudah membuatnya. Ini salah satu sajian tradisional di sini juga.

Selamat mencoba!

Advertisements

Categories: ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Tagged as: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.