FOOD

Suka yang Manis? Coba Yuk Jajanan Manis Kaki Lima di Passau, Jerman

Pojok wahana bermain di salah satu festival musiman.

Menjelang pergantian musim dari musim panas ke musim gugur maka ada festival yang biasanya digelar masyarakat Bavaria di sini. Puncaknya festival tentunya nanti saat Oktoberfest pada akhir September hingga awal Oktober. Tua muda dan semua senang datang ke festival karena meriah dan menjadi ajang silahturahmi. Di festival ini pula ada biergarten bagi mereka pecinta bir tentunya.

Namun kali ini saya tidak membahas keriaan para beer lovers melainkan jajanan manis yang dijual di acara tersebut. Siapa bilang jajanan manis hanya untuk anak-anak saja? Saya juga suka kok.

Apa saja

1. Lebkuchenherz

Kue yang satu ini wajib dibeli jika datang ke festival seperti Oktoberfest misalnya. Sesuai namanya, kue ini berbentuk hati (herz). Kue ini juga dikenal sebagai gingerbread. Dari namanya saja sudah ketebak, kue ini terbuat dari jahe.

Biasanya nih para remaja yang sedang berpacaran membelikannya untuk si pacar. Tidak hanya karena berbentuk hati saja tetapi tulisan yang tertempel di kue. Misalnya ‘ich liebe dich’ atau ‘meinem Liebling’ yang tentunya memberikan kesan tersendiri buat si pacar. Namun kue ini tak menutup siapa saja untuk membelinya karena rasanya yang manis dan juga hangat.

2. Kacang-kacang manis, cokelat dan gula-gula

Mandeln, kacang almond manis.

Zukrawate, permen kapas.

Untuk jajanan manis tentu tak lepas dari namanya gula-gula dan juga cokelat. Di sini cokelat bisa dibentuk dengan indah seperti menyerupai buah-buahan atau sate misalnya.

Ada juga jajanan manis yang pernah saya beli dulu saat masih sekolah. Yaitu permen kapas yang terbuat dari gula yang kemudian digiling sehingga menghasilkan kapas halus yang dikumpulkan dalam satu batang lidi. Jajanan permen kapas berkisar 1,5€ hingga 2,5€.

Kacang almond manis disebut mandeln dalam bahasa Jerman dibungkus dengan karamel gula. Rasanya tentu saja manis dan enak.

3. Crepes

Jajanan berikutnya sudah sering saya bahas. Yups, crepes adalah sejenis pancake atau panekuk yang terbuat dari tepung dan telur. Lalu ada beragam isian sesuai selera. Saya pilih yang sederhana saja yakni cokelat nutela. Setelah selesai, crepes ditaburi gula tabur. Jajanan ini sudah saya jumpai dari Perancis, Luxemburg, Italia hingga ke Hungaria.

4. Baumstriezel

Saya pernah meliput jajanan kaki lima di christmas market di Budapest, Hungaria, yang bisa dicek di sini. Di Budapest, saya tidak sempat beli. Karena penasaran, saya membelinya di sini. Namanya Baumstriezel di sini. Ini semacam kue karamel yang dibungkus dengan aneka selera pembeli. Pilihannya ada taburan kelapa, taburan cokelat, kacang almond hingga vanila. Saya pilih dengan kacang almond. Jangan tanya rasanya karena ini benar-benar enak!

5. Es krim

Terakhir, jajanan manis pasti tak lepas dari es krim. Soft es krim di sini dijual dengan berbagai rasa dan bentuk yang indah. Begitu antusiasnya saya menikmati es krim hingga lupa mendokumentasikannya dalam foto.

Jadi dari lima jajanan manis di atas, manakah yang ingin anda coba?

Advertisements

Categories: FOOD

Tagged as: , ,

2 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.