TRAVELING

Menyusuri Romantisme Sungai Rhein dari Strasbourg, Bonn Hingga ke Köln

Sungai rhein dari menara Dom Köln.

Sungai rhein di Köln. Diambil dari puncak menara Dom Köln.

Sungai rhein juga melewati kota Bonn. Diambil di mobil saat melewati jembatan di Bonn.

Sungai rhein melewati kota Strasbourg, Perancis. Diambil di atas jembatan penghubung dua negara, Jerman – Perancis.

Selesai berkunjung ke Strasbourg, Perancis kami pun kembali ke Jerman. Tentunya kami harus melewati sungai yang membatasi Jerman – Perancis. Sungai itu adalah sungai rhein, yang melewati delapan negara termasuk Jerman dan Perancis. Katanya sungai rhein ini terlihat romantis karena banyak pasangan suka duduk di sekitar tepian sungai. Begitu romantisnya hingga di jembatan Koln terpasang ratusan ribu gembok cinta sebagai pengikat janji.

Nah, saya pun sempat memotret sebentar sungai rhein dari kendaraan saat melewati jembatan penghubung Strasbourg yang dilalui sungai rhein. Pun ketika saya mengunjungi kota Bonn, sungai rhein pun tampak terlihat dari mobil.

Ada yang berpendapat bahwa tak lengkap berkunjung ke Jerman jika tidak melihat indahnya sungai rhein. Pasalnya sungai panjang ini melewati kota-kota besar di Jerman seperti yang saya jumpai di Bonn dan Köln ini. Akhirnya saya pun mengambil sudut keindahan sungai rhein dari menara Dom Köln. Ternyata benar, sungai ini begitu indah dari atas.

Sebetulnya jika ada kesempatan, tersedia tur kapal wisata yang menyusuri sungai rhein. Melalui tur ini akan terlihat bangunan-bangunan yang masa lalu yang masih terawat baik.

Jadi tidak hanya sungai donau di Passau saja yang punya tur wisata. Mungkin pilihan wisata ini bisa dicoba lain kali. Menurut pemandu wisata, sungai rhein dan sungai donau dahulu kala dijadikan batasan wilayah kekuasaan kekaisaran. Itu sebab di sekitar sungai ada beberapa peninggalan seperti kastil dan semacamnya.

Setelah saya menyimak aliran sungai rhein, rupanya sungai ini pun melalui Austria dan Liechenstein. Dan masih ada beberapa negara lain yang juga dilalui sungai rhein. Luar biasa! Lain kali saya coba kunjungi sungai rhein dari negara lainnya.

Advertisements

Categories: TRAVELING

Tagged as: , , ,

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.