FOOD

Lamm Palak, Kari Kambing Campur Bayam: Makanan Khas India (5)

Kari daging kambing ditambah bayam.

Makannya pakai nasi basmati, khas India.

Siapa penyuka makanan India, wajib menyimak ulasan berikut. Suatu kali saya ikut suami bertemu koleganya di restoran India. Dalam benak saya, saya ingin mencoba menu kambing dengan pisang lagi. Menu tersebut sudah saya tulis di sini. Karena benar-benar lezat, saya ingin makan untuk kedua kalinya.

Begitu tiba di restoran, pramusaji yang berasal dari India menawarkan buku menu pada saya. Suami saya tanpa melihat lagi, dia memilih menu yang sudah pernah dipesan sebelumnya. Dia tidak suka ujicoba karena kami pernah makan di restoran India di negara lain, rasanya memang tidak lezat. Daripada ujicoba menu yang belum tahu rasanya, dia memilih menu Dal Makhani.

Sementara saya adalah orang yang suka mencoba kuliner baru. Atas penjelasan pramusaji, saya terpengaruh sajian daging kambing dengan gaya berbeda. Nama menunya adalah Lamm Palak. Menurutnya, makanan ini khas masyarakat India Utara. Akhirnya saya pun menyetujuinya.

Dal Makhani.

Pesanan saya pun datang selang beberapa menit. Pertama kali pramusaji menghidangkan nasi basmati di atas piring. Kemudian menu lamm palak di atas meja. Terlihat bumbu palak yang kental creamy dan aroma kari yang khas tercium. Bayamnya menyatu dengan kuahnya, ini semacam hancur bersamaan dengan bumbu karinya. Sementara daging kambingnya seperti dipotong-potong kotak dan rasanya lunak. Mungkin tergantung pemilihan daging kambing atau cara memasaknya sehingga empuk. Entahlah!

Bumbu sausnya memang terasa khas masakan India. Ada semacam rasa bawang, kapulaga, jahe dan aneka rempah Asia Selatan yang saya sendiri tidak tahu namanya. Bahkan mungkin garam yang digunakan juga spesial seperti garam masala. Lalu bagaimana hingga menjadi krim? Saya pikir ada campuran krim khas India. Anda tahu bahwa mereka punya minuman creamy yang enak seperti yoghurt. Bisa jadi ada ramuan krim tertentu di dalam. Ini sama seperti masakan Hungaria yang pernah dibuat teman saya, dimana dia juga pernah memasukkan krim dalam masakan. Ceritanya di sini.

Soal rasa, saya memang suka dengan pengolahan dan penyajian masakan mereka. Enaknya sempurna karena rempah yang digunakan bisa jadi begitu istimewa. Hmm, lezatnya memang berbeda dengan sajian daging kambing dengan pisang.

Advertisements

Categories: FOOD

Tagged as: , , , ,

3 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.