FOOD

Menikmati Tarte Flambèe dan Segelas Cappuccino: Makanan Khas Perancis (1)

Flammküchen ala Perancis.

Menikmati jalan-jalan di Perancis seolah-olah turis seperti menikmati sajian di suatu kafe. Begitu kami memandang banyak orang-orang memenuhi kafe dan bar. Kami pun turut serta lalu berhenti di suatu kafe di Strasbourg. Ini bukan jam makan siang, namun kami sudah merasa lapar.

Kami memesan secangkir cappuccino dan flammküchen. Ya, di Jerman kami biasa menyebutnya demikian. Di Perancis ini disebut tarte flambèe. Sejenis pizza yang yang diberi topping sesuai selera.

Jika merujuk pada kuliner di Regensburg yang pernah saya liput, sajian ini sebenarnya adalah sama. Silahkan cek di sini! Tarte flambèe yang asli juga bernama elsass, sedangkan dalam bahasa Jerman hidangan ini bernama elsässer flammküchen. Isian dan bentuknya pun sama.

Apa yang terjadi?

Jika merujuk pada sejarah antara Jerman dan Perancis, tidak hanya karena serangan Napoleon Bonaparte saja. Setelah perang dunia kedua, Jerman yang luluh lantah akibat kalah perang sempat terbagi dalam empat zona, yang membuat Jerman berusaha bangkit. Empat zona itu dinaungi oleh empat negara, salah satunya adalah Perancis. Perancis menaungi zona di bagian barat Jerman. Mungkin itu alasan kuliner Perancis juga menjadi bagian kuliner di Jerman. Salah satunya yang kita jumpai adalah nama berbeda tetapi satu sajian kuliner yang sama, Flammküchen.

Saya pernah tanya bagaimana membuatnya pada seorang teman yang bekerja di restoran. Anda bisa membelinya yang instan dan tinggal memanggangnya saja di oven. Atau cara lain adalah membuat racikannya sendiri. Untuk rotinya, sama seperti pizza bahan pembuatannya. Jika malas membuat di supermarket sudah tersedia roti yang jadi dasar flammküchen.

Di atas roti yang pipih, berikan cream. Bentuknya seperti yoghurt dan rasanya tawar. Taburi dengan cream seluruh permukaan atas roti. Lalu taburi dengan daging ham yang sudah dipotong-potong kecil. Beri tambahan bawang bombay. Lalu panggang di oven hingga pinggir roti tampak garing.

Selesai terpanggang, hiasi di atasnya dengan irisan daun peterseli dan merica. Anda juga bisa menghiasinya dengan irisan daun bawang atau bawang merah. Silahkan sesuaikan dengan selera anda! Ini tampak seperti pizza ‘kan?

Saya menikmati elsass tarte flammbèe dengan segelas cappuccino sambil melihat lalu lalang orang-orang di kota Strasbourg. Hmm, saya terlihat seperti turis saja.

Advertisements

Categories: FOOD

Tagged as: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.