ADVERTISING

6 Manfaat Mengejutkan Minum Kopi yang Perlu Diketahui

blog2

Sumber foto: Dokumen pribadi

Di zaman modern ini, siapa sangka jika kebiasaan ngopi jadi sebuah gaya hidup. Dari kebiasaan tradisional, “ngopi” menjadi pemandangan yang lumrah kita temukan sehari-hari tidak hanya di negara-negara berkembang melainkan juga di negara-negara maju seperti Eropa dan Amerika.

Salah satu jenis kopi yang cukup terkenal dan memiliki banyak peminat adalah kopi arabika. Kopi jenis ini memiliki sejumlah manfaat karena kandungan yang terdapat di dalamnya cukup mengesankan. Mulai dari vitamin B2 atau riboflavin, vitamin B5 atau asam pantotenat, kemudian mangan, magnesium, kalium, hingga niacin juga ada di dalam kopi arabika.

Melihat berbagai kandungan tersebut, tidak mengherankan apabila kopi ini memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan jika dikonsumsi secara moderat. Nah bagi anda yang sedang mencari jenis-jenis kopi yang enak serta ingin tahu apa saja sih manfaat minum kopi, anda bisa membaca sedikit ulasan di bawah ini.

1. Mencegah kanker

Siapa sangka jika kopi arabika mengandung antioksidan yang bisa membantu mengurangi resiko terkena kanker. Menurut sebuah penelitian dari Jepang, mereka yang rutin mengkonsumsi kopi arabika dua kali sehari ternyata beresiko lebih rendah mengalami kanker usus hingga 25%. Menarik bukan?

2. Bisa membuat kita lebih waspada

Ini adalah manfaat yang paling umum yang kita temukan pada kopi. Kandungan kafein yang terdapat di dalamnya adalah penyebab mengapa kita akan jadi lebih waspada jika minum kopi. Itu sebab apabila minum kopi maka mata pun akan menjadi lebih bersinar dan semangat pun bisa kembali. Kafein yang terkandung di dalam kopi membuat tubuh jadi terasa lebih segar dan berstamina.

3. Bisa membantu mengurangi risiko terkena diabetes

Selain penyakit kanker, ternyata kopi arabika juga bisa dimanfaatkan untuk mengurangi risiko terkena penyakit diabetes. Tapi tentu saja ketika minum kopi, sebaiknya jangan terlalu banyak menggunakan gula sebagai pemanis. Kandungan asam klorogenat yang terdapat di dalam kopi adalah alasan utama mengapa kopi arabika ini bisa mengurangi resiko diabetes. Menurut penelitian, rutin minum kopi arabika bisa membantu menurunkan resiko terkena diabetes hingga 50%.

4. Meningkatkan suasana hati

Ketika sedang tak enak hati, merasa gundah galau atau susah, coba menyeruput segelas kopi arabika bisa membantu meningkatkan keceriaan dan menambah mood. Salah satu cara meningkatkan suasana hati dengan menggunakan kopi adalah dengan menghirup aromanya ketika pertama kali dibuat.

5. Menurunkan resiko terkena penyakit demensia

Ketika usia tidak muda lagi, sebagian besar kita mulai mengalami berbagai masalah di otak terutama pada bagian memori. Beberapa di antara kita cenderung jadi pelupa dan bahkan tidak sedikit di antaranya yang mengalami pikun hingga alzheimer.

Menurut sejumlah penelitian, penyakit seperti ini bisa atasi dengan rutin minum kopi. Tapi tentu saja, minum kopi pun tidak boleh berlebihan walaupun dapat mendatangkan sejumlah manfaat.

6. Meningkatkan metabolisme tubuh

Bagi anda yang ingin memiliki metabolisme tubuh tinggi, anda perlu membiasakan diri minum kopi. Minum secangkir kopi sebelum berolahraga akan membuat metabolisme meningkat beberapa kali lipat. Dengan begitu, anda merasa lebih mudah untuk membakar kalori dan lemak-lemak di dalam tubuh.

Tempat membeli kopi arabika yang murah dan lengkap

Sebagai pecinta kopi, anda perlu tahu berbagai jenis kopi yang tersedia di pasaran. Salah satunya adalah kopi arabika yang menjadi favorit saya. Rupanya kopi arabika cukup beragam dijual. Ada kopi arabika Lintong, kopi Gayo premium, kopi Excelso, kopi ASA, dan berbagai merek lainnya termasuk kopi luwak arabika Aceh Gayo yang terkenal enak. Berbagai jenis kopi tersebut ternyata bisa kita dapatkan di suatu tempat saja.

Ya, anda mungkin bisa menebak. Salah satu tempat berbelanja murah adalah toko online Bukalapak yang menyediakan berbagai produk kopi arabika Khas Nusantara maupun kualitas import.

Advertisements

Categories: ADVERTISING

6 replies »

  1. Ini Kopi tanpa “gula” maksudnya ya, Kak…hehehehehe.

    Salam pecinta kopi 🙏.

    Saya juga pecinta kopi, tapi sukanya kopi instant (sadae betul ini bahaya kalau dilanjutkan 😢, tapi ngak ada pilihan). Tahun depan mau coba kopi tanpa gula, katanya manfaat kopi bisa langsung berasa di tubuh.

    Tulisan yang menarik kak, salam 🙏( dan lama tak bersapa ria di Blog..).

    Liked by 1 person

    • Sejujurnya kopi itu berkhasiat bila tidak berlebihan, termasuk menambahkan gula karena tak suka rasanya yang pahit. Tadinya saya khawatir rasa kopi akan terasa aneh bila tanpa gula, ternyata tidak juga. Rasanya sama seperti saya minum teh tawar.

      Iya, aku lihat kamu sedang tidak update. Aku dengar di sini tentang bencana di sana. Semoga semua dalam kondisi baik ya dek. Yups, tegur sapa itu perlu, cuma jika saya sedang sibuk mungkin cuma baca sekilas dan beri like. No worries… cheers up😁

      Semoga Tuhan bersamamu dek😇

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.