ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Oktoberfest 2018: Ini Dia yang Perlu Diketahui

Siapa bilang acara Oktoberfest hanya untuk pecinta bir? Acara tahunan yang digelar di ibukota Bavaria, München atau Munich ini selalu mendapatkan sambutan hangat baik orang Jerman langsung maupun mereka dari berbagai negara lain. Acara Oktoberfest bukan serta merta menjadi keriaan minum bir semata, tetapi ada banyak hiburan untuk keluarga.

Penasaran ‘kan acaranya seperti apa? Tahun 2018 Oktoberfest tetap digelar di Theresienwiese seperti biasanya. Acara berlangsung sejak tanggal 22 September hingga 7 Oktober 2018. Jika kita datang di akhir pekan, ada ribuan orang memenuhi tenda-tenda biergarten. Belum lagi antrian wahana permainan yang mengular dan menunggu giliran. Selain itu, acara meriah ini semakin malam semakin seru.

Acara yang digelar sejak tahun 1810 ini sudah menyedot atensi masyarakat dunia. Bukan hanya citarasa birnya yang tentu saja enak namun juga kemeriahan budaya, nuansa dan panggung hiburan bagi masyarakat Bavaria. Tiap tahun selalu ada atraksi yang menarik yang ditawarkan ke pengunjung. Tak heran akomodasi di kisaran kota München sulit didapat saat Oktoberfest.

Berikut poin pengalaman yang perlu diketahui

1. Pakaian

Tidak ada larangan untuk tampil sempurna saat pergi ke Oktoberfest. Namun pastikan anda nyaman berjalan dan bergerak. Juga terkadang hujan dan udara dingin pada musim ini maka anda perlu mengantisipasinya dengan pakaian yang melindungi. Namun bukan hanya itu melainkan pakaian tradisional bagi pria dan wanita khas Bavaria.

Jika anda datang, kebanyakan pengunjung mengenakan pakaian khas bagi pria dan wanitanya. Tradisi ini tetap dipelihara di Bavaria jika ada acara festival seperti Oktoberfest atau acara budaya lainnya. Mereka bangga bisa mengenakannya. Bahkan para perempuan berhias diri agar tampil cantik dengan dirndl yang mereka punya.

Dahulu bahan material drindl memang istimewa sehingga harganya pun lebih mahal dibandingkan pakaian umumnya. Namun kini saya bisa mendapati pedagang dan toko pakaian menjualnya dengan harga terjangkau sekitar 50€.

2. Tas jinjing

Kebanyakan pria Bavaria yang datang ke festival memang tidak membawa tas. Cukup dompet saja. Sedangkan para perempuannya cukup tas kecil yang senada dengan model dirndl. Ini juga yang perlu diperhatikan saat acara festival seperti ini. Petugas akan mengontrol bahkan meminta kita menitipkan tas besar di loket yang ditunjuk. Ya, di sini ada loket penitipan tas. Petugas pintu masuk akan memeriksa tas sekecil apa pun yang dibawa. Jika ada barang yang berpotensi menimbulkan ledakan, akan ditahan.

Petugas pintu masuk tiap tenda bir juga akan memeriksa tas anda. Ketatnya penjagaan untuk menjaga kenyaman dan keamanan bersama. Pernah memang kejadian yang tidak diharapkan terjadi saat Oktoberfest. Sejak itu panitia mengantisipasi bawaan pengunjung.

3. Transportasi

Theresienwiese mudah dijangkau dari Haupbahnhof München, berjalan kaki selama 10-15 menit. Ikuti petunjuk arah yang dipasang di jalan-jalan. Jika malas berjalan kaki, kini tersedia moda ojek sepeda, semacam becak. Saya sih tidak mencobanya, hanya saja perkiraan harganya kira-kira 10-15€.

4. Bir

Bagi pecinta bir, rasa bir di Oktoberfest memang lebih enak dan mantap. Dengar-dengar sih untuk festival semacam ini para penyuplai bir memang punya resep istimewa yang membuat rasanya memang berbeda, lebih enak. Acara ini pun diikuti hanya oleh bir lokal di München. Kata penduduk München, bir mereka sudah enak dan tak perlu mendatangkan bir lain.

Untuk menikmati bir tersedia berbagai biergarten dengan hiburan musik. Mulai dari tradisional seperti blaskapelle hingga musik moderen. Semuanya membuat pengunjung bergoyang menikmati suasana. Silahkan pesan bir dengan ukuran satu liter per gelas! Anda tidak bisa memesan kurang dari satu liter. Harga bir tahun ini 11,50€, tetapi ingat pastikan memberi tip saat memesan makanan dan minuman di biergarten. Itu sudah jadi kebiasaan.

Tak hanya bir, di tiap biergarten tersedia makanan khas Bavaria. Silahkan pesan pada pramusaji yang mengenakan pakaian tradisional dan bertanda khusus. Jadi kapan lagi bisa merasakan sensasi orang Bavaria selain di biergarten, di Oktoberfest.

Petugas pintu masuk akan mengecek bawaan pengunjung. Sebaiknya anda meninggalkan minuman atau makanan yang dibawa atau dibeli dari luar. Di biergarten pengunjung sebagai raja, anda tinggal pesan di tempat.

5. Wahana permainan

Aneka permainan bisa anda temukan, mulai untuk anak-anak hingga orang dewasa. Permainan yang menegangkan atau menghibur. Semuanya lengkap. Permainan yang menguji nyali anda meliuk-liuk seperti olympialooping dengan lima lengkungan.

6. Aneka kuliner dan jajanan khas Bavaria

Tak lengkap festival tanpa jajanan menarik yang perlu dicicipi. Mulai dari yang manis hingga gurih. Semuanya tergantung selera anda. Segala jajanan ini juga tidak membuat kantong bolong.

Oh ya, tak perlu khawatir untuk menggunakan toilet. Di München biasanya kita dikenakan biaya untuk penggunaan toilet umum. Di Oktoberfest toilet disediakan secara gratis. Di tiap biergarten pun tersedia toilet yang bersih. Ingat, jika anda suka dengan kebersihan para penjaga toilet, anda bisa berikan tip juga.

Bagaimana menurut anda?

Advertisements

Categories: ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Tagged as: ,

6 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.