TRAVELING

Remich, Kota Tua di Luxembourg yang Berbatasan dengan Jerman (5)

Kunjungan saya di Luxembourg berakhir di Remich. Kota tua ini begitu menawan karena berada di lembah sungai moselle. Daerahnya yang subur ternyata baik untuk menanam anggur. Tak hanya itu kota ini cukup besar sekitar tiga ribu orang penduduknya. Akhirnya kami berhenti sejenak mencicipi kuliner yang khas di sini. Katanya lagi kota ini juga sering dikunjungi wisatawan.

Letak Remich memang berbatasan dengan Jerman. Itu sebab lalu lalang orang dari kedua negara ini tampak jelas dari plat mobil mereka masing-masing. Fasilitas publik seperti transportasi umum, taman hingga toilet begitu bersih dan moderen. Terminal bis dan dermaga ferry pun dibangun menarik dan moderen.

Jembatan penghubung Jerman -Luxembourg.

Kota ini bisa disebut kota tua karena telah ada sejak abad 5 Masehi. Dahulu kota ini dijadikan tempat bermukim prajurit romawi dan mereka memberi nama kota ini menjadi Remich. Kota ini pun sempat menjadi sasaran perang dunia. Letaknya yang berdekatan dengan Jerman, hanya terhubung dengan jembatan menyebabkan Remich pun tak luput dari kerusakan perang.

Sayangnya kami datang bukan di saat festival rakyat. Cerita penduduk, Remich selalu menggelar festival tahunan yang mengundang minat turis untuk menyaksikannya. Acara ini biasa berlangsung saat hari Rabu Abu, dimana dalam tradisi gereja katolik umat sudah memasuki masa prapaskah, yakni masa pantang dan puasa.

Di Remich, penduduk membuat orang-orangan yang terbuat dari jerami dan mengaraknya di sekitar jalan utama, dekat jembatan. Setelah diarak, orang-orangan ini dibakar kemudian dibuang di sungai moselle. Ini disebut strèihmännchen.

Sementara di wilayah tempat tinggal kami, sebelum Rabu Abu, dilaksanakan fasching dimana banyak orang mengenakan kostum dan bersuka ria di tempat umum.

Setelah menikmati jajanan dan beristihat sebentar di Remich maka perjalanan kami pun dilanjutkan kembali ke Jerman. Simak juga kuliner apa saja yang kami jumpai di sini!

Advertisements

Categories: TRAVELING

Tagged as: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.