TRAVELING

Konz, Trier (1): Melihat Sisa-sisa Kejayaan Kekaisaran Romawi pada Abad 4

Kaisar Gratian.

Sisa reruntuhan, diperkirakan area ini semacam aula.

Tiang penyangga.

Struktur bangunan yang masih dipertahankan. Sementara dinding putih adalah gereja.

Disamping puing reruntuhan, terdapat pemakaman umat.

Tak ada yang menduga bahwa reruntuhan dekat Paroki Santo Nicholas, Konz pernah menjadi saksi sejarah kekaisaran romawi pada masanya. Kami pun tak menyangka bahwa di dekat gereja katolik tersebut pernah menjadi kediaman kaisar romawi, Kaisar Gratian. Karena sudah berabad-abad lamanya maka bangunan tersebut kini hanya puing batu-batuan saja. Namun masih terdapat papan informasi yang melengkapi keingintahuan kami.

Kaisar Gratian bernama lengkap, Flavius Gratianus Augustus memerintah pada tahun 367 hingga 383 Masehi. Pada dinasti Valentinian beliau berkuasa. Dia mendapat gelar Augustus dari ayahnya, Valentinin I. Ketika pada masanya, beliau lebih menganut kristen ketimbang kepercayaan lokal masyarakat tradisional umumnya. Gratian tercatat memberi pengaruh bagi berdirinya kristen awal ketika masyarakat masih banyak percaya pada keyakinan pagan.

Di puing-puing bangunan yang kami temukan di Konz, kompleks ini dahulu dikenal sebagai the imperial villa atau Kaiservilla. Meski sudah terlihat tak sempurna, namun masih ada beberapa tiang dan struktur batu-batuan yang dipertahankan. Bahkan ketika kami di sana, ada dua orang peneliti yang sedang melakukan riset di sana.

Diperkirakan bangunan ini sengaja dibangun di lembah sungai moselle. Sungai di jaman dulu menjadi batas wilayah kekuasaan. Di kompleks ini terdiri atas banyak ruang yang terhubung dengan serambi. Menariknya pada masa itu, sekitar abad 4 sudah tersedia sistim permandian air panas.

Bangunan yang kini tinggal sisa-sisa puing memang letaknya berdekatan dengan gereja. Di depan gereja sendiri terdapat pemakaman umat. Dahulu di Jerman, pemakaman letaknya dekat dengan kompleks gereja katolik.

Untuk mencapai situs bersejarah ini, cukup naik kereta dan turun di Konz. Sepertinya dahulu di dekat sungai moselle menjadi kediaman kaisar romawi. Karena Remich, di Luxembourg dikenal menjadi pangkalan prajurit romawi jaman dulu. Tak jauh dari Konz, ada Trier dimana banyak situs peninggalan kekaisaran romawi lainnya.

Nantikan cerita soal Trier selanjutnya!

Advertisements

Categories: TRAVELING

Tagged as: , ,

2 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.