TRAVELING

Wernstein am Inn, Austria: Jejak Kisah Perbatasan dengan Jerman

Di seberang jembatan adalah kastil yang berada di Neuburg am Inn, Jerman.

Patung sebagai simbol persahabatan dua kota, beda negara.

Rombongan kapal wisata dari Schärding, Austria.

Di antara perbatasan Jerman dan Autsria, ada sebuah kastil di dekat sungai Inn. Saya pernah mengunjunginya kastil tersebut sebagaimana yang sudah saya tulis di sini. Kastil yang dibangun sejak tahun 1000-an tersebut berada di Neuburg am Inn, Jerman. Dari taman di depan kastil, saya bisa melihat ke seberang, yakni Austria. Nah, akhirnya sekarang saya menemukan seberang dari Neuburg. Ya, Wernstein am Inn adalah wilayah tampak terlihat dari seberang kastil.

Jalan-jalan kali ini ke Austria membawa saya tiba di Wernstein am Inn. Di sini saya menemukan jejak persahabatan antara Jerman dan Austria. Ada sebuah jembatan yang melalui sungai inn. Jembatan yang disebut Mariensteg menghubungkan Wernstein, Austria dengan Neuburg, Jerman. Di situ terdapat patung dua orang yang berdekatan dan bersentuhan muka lalu dua tangan saling berpegangan. Ini adalah simbol persaudaraan ‘kan.

Mariensteg menawarkan panorama yang indah, apalagi jika kita bisa menyusuri sungai inn. Saat saya datang, ada rombongan penumpang kapal wisata menyusuri sungai inn dari Schärding. Paket wisata ini pernah saya ceritakan di sini. Melalui sungai inn, kita bisa menjangkau jejak perbatasan Jerman – Austria dengan panorama perbukitan yang hijau dan langit biru nan indah.

Tiap tahun pemerintah Wernstein am Inn menyelenggarakan festival jembatan yang mengundang atraksi turis. Dari Wernstein am Inn, saya bisa melihat kembali Neuburg am Inn yang ditandai dengan kastilnya yang tampak menjulang dan kokoh.

Jembatan gantung ini hanya untuk pejalan kaki dan pengendara sepeda.

Dari atas jembatan, kiri adalah wilayah Austria dan kanan adalah wilayah Jerman.

Jembatan melalui sungai inn.

Jalur pendakian ke kastil.

Der Mariensteg adalah jembatan gantung yang hanya dipergunakan pejalan kaki dan pengendara sepeda. Banyak orang melalui jembatan dan berhenti di tengah jembatan untuk menikmati keindahan panorama sekitarnya. Saya datang saat siang hari, katanya sih jika datang malam hari maka kerlap kerlip lampu berwarna-warni menambah kecantikan jembatan gantung ini.

Sebelum melewati jembatan mariensteg, ada restoran tradisional, biergarten dan penginapan. Para pengendara sepeda memanfaatkannya untuk rehat sebentar dan menikmati kuliner di situ. Menurut suami saya, dia pun pernah ikut tur sepeda dari Jerman ke Austria dengan melalui jalur ini. Mereka berhenti di tempat ini.

Setelah jembatan maka ada jalur pejalan kaki dan pengendara sepeda. Kita bisa melalui hutan sebagai pilihan olahraga sehat. Jika tidak ingin, pilihan lain jalur tangga mendaki menuju kastil.

Dahulu tak ada jembatan penghubung. Orang yang ingin datang dari Neuburg am Inn ke Wernstein am Inn hanya menggunakan perahu. Atas inisiatif kedua kota dua negara, mereka pun membangun jembatan penghubung. Jembatan pun secara resmi dibuka tahun 2006. Kini jembatan der Mariensteg menjadi atraksi wisatawan.

Advertisements

Categories: TRAVELING

Tagged as: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.