ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Mencicipi Kuliner di Saarland, Ternyata Berbeda

Aneka restoran dan kafe di pusat kota Saarland.

Spagheti Bolognesse di Saarbrücken.

Ternyata brotzeit di Saarland dengan Bavaria berbeda.

Menikmati hidangan makan malam dengan pemandangan cantik dari teras restoran.

Pusat kota Saarbrücken yang tak besar.

Saarland adalah salah satu Bundesland yang paling kecil di Jerman. Jangan bandingkan Saarland seperti Bavaria! Luas Bavaria saja lebih besar dari negara tetangga, Austria. Jika München saja bisa jadi jadi kota terbesar ketiga di Jerman maka pusat kota Saarland, bisa dibayangkan ternyata tidak besar.

Saarland adalah bundesland yang berbatasan langsung dengan negera Perancis. Saarland dahulu sempat masuk wilayah Perancis hingga terakhir kini menjadi wilayah Jerman. Hanya dibatasi sungai moselle, Saarland begitu dekat dengan Perancis dan Luxembourg. Wilayahnya yang subur cocok untuk bertanam anggur sehingga sepanjang sungai moselle dipenuhi tanaman anggur.

Penasaran dengan Saarland, kami pun datang ke ibukotanya, Saarbrücken dan mencicipi kuliner Jerman di sana. Saarbrücken tidak begitu besar ketimbang kota-kota yang jadi pusat Bundesland. Kami mampir sebentar untuk mencari kuliner sebagai santapan malam.

Memasuki pusat kota, banyak restoran dan kafe. Menariknya ditumbuhi bunga warna-warni dan gemericik aliran sungai yang membelah kota menambah kecantikan kota Saarbrücken kala senja. Beberapa restoran sudah tutup sejak jam 18.00 sore. Ada restoran yang tutup karena hari Selasa dianggap sebagai ruhetag.

Kami memilih salah satu restoran dan biergarten yang masih buka. Saat memilih makanan, entah mengapa saya ingin makan spagheti saja. Sementara suami semestinya memesan kaltessen. Pilihannya jatuh pada roti, salami dan keju. Namun rupanya dibuatnya pesanan dalam kondisi hangat, dipanggang dalam oven sehingga keju meleleh.

Tidak ada kuliner istimewa di Saarland. Orang mengatakan kebanyakan kulinernya bercitarasa Perancis. Kebanyakan orang di sini memilih minum anggur ketimbang bir. Namun itu semua hanya persepsi. Bahwa tiap Bundeslad punya ciri kuliner dan kultur yang berbeda-beda.

Bagaimana menurut anda?

Advertisements

Categories: ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Tagged as:

6 replies »

    • Benar pak Desfortin. Biasanya ada tipe makanan istimewa dari tiap wilayah di Jerman. Lalu saat kami memesan roti dengan makanan dingin, di sana malah disuguhi roti yang dipanggang di oven. Penyajiannya berbeda. Padahal semacam sandwich ala Jerman adalah hal umum yang dijual di daerah kami.

      Ruhetag adalah “ruhe” itu sunyi dan “tag” adalah hari, yang dapat dijelaskan tidak ada kegiatan. Di Jerman disebut ruhetag biasanya hari Minggu dimana orang tidak bekerja. Ruhetag dipasang di restoran artinya, libur dan tidak beroperasi.

      Demikian pak🙂

      Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.