FOOD

Aromatische Mangosoße mit Rindfleisch, Saus Mangga Kari Sapi ala Thailand: Makanan Khas Asia (39)

Kari sapi saus mangga ditambah nasi panas. Mantap!

Mangga adalah salah satu buah yang banyak mengandung vitamin C. Manfaatnya tentu bisa mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Banyak sekali manfaat yang terdapat dalam mangga sehingga baik untuk dikonsumsi. Selama ini saya menikmati makan mangga sebagai buah atau dijadikan rujak buah. Namun bagaimana jika mangga dijadikan bahan masakan?

Sebelumnya di Indonesia, saya pernah mencoba sambal mangga. Wah, sambal mangga ini memang mantap apalagi rasanya yang pedas dan asam dengan lalapan. Sambal mangga cocok untuk melengkapi nasi hangat dan lauknya bisa ikan atau ayam goreng. Namun kali ini, mangga bukan dijadikan sambal tetapi saus mangga.

Adalah kedai Asia yang membuka aneka makanan khas Thailand dan Vietnam di sini. Setelah berpikir apa yang akan saya makan sebagai bekal makan siang, mata saya tertuju dengan saus mangga dengan kari sapi. Mungkin rasanya pedas asam seperti sambal mangga yang pernah saya makan. Pikir saya saat itu.

Lalu saya meminta pramusaji meletakkan pesanan saya dalam kotak bekal yang bisa dibawa. Ia pun menyanggupi pesanan saya.

Sementara saya menunggu pesanan, saya chatting dengan teman asal Thailand yang saya kenal di sini. Teman Thailand ini bekerja sebagai juru masak tentu dia tahu pembuatan dan bahan makanan dengan baik. Saya pun bertanya soal makanan yang saya pesan.

Menurut teman saya, mangga biasa digunakan sebagai bahan masakan di Thailand. Mangga yang dipilih untuk masakan adalah mangga yang masih segar, tanpa bahan pengawet atau diasamkan. Dengan begitu rasa masakan akan benar-benar lezat. Menjadikan mangga sebagai saus bersama kari sapi sebagaimana yang saya pesan, dipilihlah mangga yang benar-benar matang, berwarna kuning dan teksturnya lembut.

Penjelasan yang menarik. Kemudian dia memberitahukan cara membuat saus mangga. Daging mangga yang lunak dipilih dan dipotong kecil-kecil. Masak dalam air kira-kira seperempat dari jumlah mangga. Jika sudah masak atau lembek, bisa dihaluskan dengan food processor. Saus mangga ini bisa dicampurkan bersamaan kari sapi atau tergantung selera masakan yang disuka. Katanya lagi, saus mangga bisa dengan daging ayam atau makanan laut.

Hmm, aroma mangga dan kari sapinya benar-benar nikmat. Tertarik mencobanya?

Advertisements

Categories: FOOD

Tagged as: ,

10 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.