ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Trier, Jerman (6): Porta Nigra, Pesona Gerbang Batu Hitam yang Tua

Tampak depan.

Meski hitam namun tetap mempesona.

Maket porta nigra.

Untuk menutup liputan kunjungan saya ke Trier, kali ini masih seputar peninggalan kejayaan bangsa romawi di masa lampau. Sebagaimana kita ketahui, kaisar di masa lalu ingin menjadikan Trier sebagai “roma kedua” dengan membangun bangunan nan megah dan berkonstruksi kuat seperti layaknya kota Roma di Italia. Ceritanya ada di sini. Beberapa situs peninggalannya masih bertahan hingga sekarang. Salah satunya yang akan saya perkenalkan adalah porta nigra.

Porta Nigra diperkirakan dibangun tahun 170 Masehi. Meski berganti abad dan pergolakan jaman, gerbang batu ini masih tampak kokoh dan megah terlihat. Mungkin sang perancangnya membuatnya mirip seperti kebanyakan bangunan di Roma. Cerita saya tentang Roma, bisa dilihat di sini. Jika anda sudah berkunjung ke Roma maka diperkirakan anda akan menemukan banyak kesamaan dengan porta nigra dan beberapa situs peninggalannya yang masih terpelihara hingga sekarang.

Porta nigra letaknya tak jauh dari Karl Marx House. Ini sebagai petunjuk jika anda ingin datang ke Trier. Banyak wisatawan datang ke sini untuk sekedar berfoto atau mengagumi bentuk dan konstruksi bangunan ini apalagi tidak ada tiket masuk untuk datang ke sini. Porta nigra dijadikan titik awal penyelusuran jejak kekaisaran romawi di Trier. Sampai sekarang saya masih mengagumi bagaimana mereka membangunnya hingga masih berdiri sampai sekarang.

Jika kami mengamati dengan seksama, ini semacam blok batu yang dikaitkan satu sama lain dengan kawat logam. Pokoknya saya kagum dengan cara pembangunan mereka. Sayangnya di abad pertengahan, ada tangan-tangan usil yang menjarah logam yang dikaitkan di antara batu. Itu sebab bangunannya tampak sudah tidak utuh lagi. Ditambah lagi, seiring jaman berganti maka gerbang batu ini tampak menghitam. Ini yang jadi alasan dinamakan porta nigra.

Dahulu ini menandai kota percontohan.

Keren, awal abad masehi kota sudah tertata seperti ini.

Dahulu tempat ini dikenal sebagai ‘Simeon’s College’.

Lihat saja bagaimana struktur bangunannya!

Dahulu tempat ini dikenal sebagai “kota moderen” pada masanya karena telah memiliki peta kota. Di sini ada prasasti yang mengatakan bahwa ini semacam kota percontohan pada masa kekaisaran romawi. Kota ini dikenal sebagai “AUGUSTA TREVERORUM”. Kita bisa melihat maket kota moderen sekitar awal abad masehi.

Melalui papan informasi di sini, dikatakan bahwa abad 11 dan 12 Masehi, berdekatan dengan gerbang sebelah timur didirikan Simeon’s College. Simeon adalah santo yang diakui gereja katolik. Beliau rupanya membuat pengajaran dan pelayanan di sekitar tempat ini. Di sini masih ada jejak pendirian gereja. Sayangnya, itu tak berlangsung lama.

Dalam catatan sejarah, Napolen Bonaparte yang menguasai Jerman sempat tak menyukai keberadaan porta nigra. Mungkin porta nigra adalah bagian dari peninggalan romawi. Tertulis dalam papan informasi bahwa tahun 1804 Napolen Bonaparte memerintahkan untuk membebaskan tempat ini dari segala elemen yang berkaitan dengan gereja. Akhirnya porta nigra hanya dibiarkan sebagai gerbang batu tua.

Meski tampak tua dan hitam, porta nigra tetap menjadi magnet bagi wisatawan yang datang ke Jerman. Masih banyak orang mengagumi konstruksi batu yang dikaitkan satu sama lain hingga kokoh. Sebagian lagi ingin menyelami jejak kekaisaran romawi di Trier.

Advertisements

Categories: ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Tagged as: , , ,

7 replies »

    • I am not sure regarding translator. In this time, my minds run by another foreign language. It caused me better writting in my mother language. Please ask me if needed clue from this text.

      I am keen on history and sometimes to observe around the old city.

      Again thanks for stopping by!

      Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.