FOOD

Lemon Cheesecake Ala Jerman atau Amerika, Pilih Mana?

Lemon cheesecake ala Jerman.

Lemon cheesecake ala Amerika.

Kala senja datang, sambil menikmati lemon cheesecake. Hmm…

Anda penyuka cheesecake? Jika ya, silahkan cek rekomendasi dua kue saya berikut yang sama-sama didominasi dengan jeruk sunkist dan satu lagi lemon ditambah keju. Penasaran ‘kan? Awalnya saya begitu hingga saya memesannya di sebuah kafe sambil menikmati secangkir kopi. Istirahat sore yang indah.

Pertama nih saya jelaskan bahwa kedua kue ini saya beli di Jerman. Kue yang pertama, yakni Zitronen-käsekuchen adalah kue yang meriah dan mudah ditemukan di sini. Keju bukanlah panganan mahal di sini. Ada banyak varian keju yang saya jumpai di sini. Jadi bayangkan bahwa keju yang lezat ditambah lemon serta kue spons yang lembut. Dan ini yang membuat saya suka dengan kue ini, manisnya itu pas dan tidak berlebihan.

Untuk menambah citarasa kue ini, si pramusaji menambahkam cokelat yang dibentuk seperti serutan sedotan. Ada pula buah seperti irisan strawberi dan yang mirip buah ceri warna kuning, di sini namanya phsyalis. Oh ya, jika memesan kue di sini terkadang mereka menambahkan krim kue. Entah sebagai hiasan atau menambah manis dari rasa kue. Sedangkan warna merah semacam sirup buah rasa strawberi.

Mengapa saya sebut kue ini ala Jerman? Karena kue ini mudah ditemukan di sini dengan aneka lemon cheesecake yang dibuat secara tradisional hingga moderen. Lapisan cheesecake terbuat dari perasan jeruk lemon seperti jus. Sebaiknya demikian, bukan jus lemon kemasan yang dibeli di supermarket karena itu tidak fresh dan warna kuningnya kue pun jadi berbeda.

Sedangkan kue lain, saya tidak paham apakah ini benar-benar dari Amerika atau tidak. Saya hanya dapat info dari pramusaji kafe ketika saya menunjuk kue cheesecake tersebut kemudian dia menyebutnya ‘american lemon cheesecake’. Lalu dia pun menjelaskan kandungan buah di dalam kue. Ternyata tak hanya lemon, ada markisa juga.

Jangan tanya mengapa kue ini diberi nama ‘American lemon cheesecake’? Pertama, kue moderen cheesecake populer memang berasal dari negeri Paman Sam. Oh ya, bedanya lagi tekstur kue yang ternyata dari kandungan keju yang berbeda sehingga kue yang disebut asal paman sam berasa creamy dan kaya akan keju ketimbang kue cheesecake di sini pada umumnya.

Saya juga suka kue kedua ini. Manisnya pas dan tidak asam meski bernama lemon. Jika kue pertama di bawah keju, ada spons yang lembut maka di kue kedua tidak. Di kue kedua, kuenya agak keras dan berasa campuran markisa di dalam kuenya.

Jika saya harus memilih, saya pilih keduanya untuk menikmati minum kopi di sore hari. Rileks dan menikmati senja di depan saya. Asyiknya!

Advertisements

Categories: FOOD

Tagged as: ,

2 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.