TRAVELING

Zadar, Kroasia (1): Indahnya Pantai, Matahari Terbenam Hingga “Sea Organ” yang Hanya Ada Di Sini

Banyak pemilik yacht di seluruh dunia senang berlabuh di sini.

Dermaga pantai marina.

Sewa yacht juga.

Tepi pantai saat senja.

Tak pernah bosan menanti senja di tepi pantai.

Liburan kami kali ini adalah negara Kroasia. Kami berdiskusi sebelum berlibur, sebelah mana bagian dari Kroasia yang akan dikunjungi. Akhirnya sepakat diputuskan adalah Zadar. Rupanya Zadar adalah salah satu tempat yang paling indah untuk menikmati keindahan pantainya dan menyaksikan matahari terbenam. Begitu indah pantainya sampai-sampai ombak di pantainya bisa dijadikan organ, alat musik. Ya, Zadar terkenal dengan “sea organ” dimana kita bisa mendengarkan suara alat musik seperti organ dari deburan ombak pantainya. Keren ‘kan!

Alasan lain mengapa kami berkunjung akan disusul ceritanya. Sekarang anda pasti penasaran seperti apa “sea organ” itu?

Sea organ yang tak pernah sepi pengunjung.

Bagaimana muncul sea organ? Ada penjelasan informasi ilmiahnya berbahasa latin.

Ditambah visual cahaya warna-warni menambah indahnya malam tepi pantai.

Sea organ dalam bahasa lokal disebut “Morske Orgulje” memang ada di Zadar, Kroasia. Dari Wikipedia dikatakan ini semacam alat musik instrumental yang dimainkan melalui gelombang laut, angin, “kesempatan” dan sebuah tabung di bawah tangga-tangga sekitar tepi pantai.

Penciptanya adalah seorang arsitek yang bernama Nikola Bašić dan telah berhasil dalam proyek desain ulang tepi pantai Zadar yang indah. Penjelasan mengapa berhasil menciptakan musik tersendiri, ada informasi ilmiah yang tertera di dekat sea organ. Hanya saja memang musik yang harmonis kalah sama riuhnya orang yang datang dan sibuk berfoto. Maklum sejak dibuka tahun 2005, pengunjung sea organ tak pernah sepi.

Sea organ juga ada di San Fransisco, hanya saja di Zadar ada pengiring visual yakni cahaya warna-warni di sekitar sea organ. Mungkin ini jadi alasan banyak orang untuk mendokumentasikannya. Tak hanya musik, ada cahaya warna-warni yang melengkapi keharmonisan tepi pantai di malam hari.

Pantai Zadar memang menawarkan keindahan tersendiri. Letaknya berada di laut Adriatik yang berseberangan dengan negara Italia yang sama-sama punya keindahan tepi pantai. Itu sebab Zadar tak pernah sepi dari kunjungan turis Eropa sejak dahulu kala. Dalam sumber brosur turis disebut nama Zadar sudah dijadikan tujuan wisata dalam ‘A journey Around the World’ pada tahun 1330. Tak salah jika Zadar adalah rujukan turis Eropa sejak lama.

Zadar dijuluki sebagai salah satu tempat terindah di dunia untuk menikmati mahari terbenam. Menjelang senja, banyak orang berjalan di tepi pantai sambil mendokumentasikan keindahan warnanya alam Zadar. Di sini pula banyak pemilik yacht di dunia senang melabuhkan kapal-kapal mereka sembari menikmati pesona kota Zadar sebagai jantungnya mediterania.

Namanya kota wisata, turis tak akan dibuat bosan dengan pilihan wisata di sini. Mulai dari laut, Zadar memiliki museum maritim. Lalu sewa yacht untuk berkeliling menikmati lautnya yang indah dan mencari spot menyelam, itu bisa jadi pilihan. Pilihan lain, ikut paket kapal wisata selama satu hari dan mengunjungi private beach. Seru ‘kan!

Dari Zadar, turis bisa mengunjungi taman nasionalnya Kornati yang benar-benar indah. Taman nasional yang dimaksud berupa gugusan ratusan pulau di antara lautan. Ada pilihan paket wisata yang dikehendaki untuk datang ke Kornati. Jika kita datang di musim panas, paket wisatanya biasa dilakukan setiap hari atau dua hari sekali.

Hmmm, alasan lainnya untuk menikmati Zadar? Silahkan ditunggu lanjutannya!

Advertisements

Categories: TRAVELING

Tagged as: ,

2 replies »

    • Benar Pak Desfortin. Pantai Zadar ini ada sea organ yang keren banget. Organ yang dimainkan dengan alam.
      Kapan-kapan boleh dicoba pak.

      Selamat berakhir pekan bersama keluarga pak😁

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.