FOOD

Lasagne Bolognese dan Rigatoni: Makanan Khas Italia (17)

Ini lasagne Bolognese.

Ini rigatoni, jika di Indonesia disebut makaroni.

Asyik, saya diperbolehkan suami ikut acara makan malam dengan kliennya. Kami datang ke restoran Italia yang terkenal dengan makanannya yang lezat. Restoran ini selalu penuh karena tak buka setiap saat. Hari Rabu dijadikan hari libur. Untuk jam operasional hanya siang hari dari jam 11.00 hingga jam 14.00 kemudian dilanjutkan lagi jam 17.00 hingga jam 23.00 sehingga kita yang perlu datang perlu juga reservasi agar dapat meja. Penasaran dengan apa yang dikatakan suami, maka saya pun ingin mencoba lasagna yang sudah lama tidak saya makan. Terakhir saya makan lasagna di sebuah hotel di Indonesia. Nah, saya penasaran apakah rasa lasagna di sini benar-benar lezat.

Kami mendapatkan meja di tengah. Sementara hampir semua meja penuh dengan tamu. Saat disodori daftar menu, mata saya langsung tertuju pada lasagna buatan restoran Italia di Jerman ini. Sedangkan suami saya memilih rigatoni istimewa dengan resep khusus restoran. Sementara menunggu pesanan, suami mulai berdiskusi dengan kliennya. Saya pun serius mengamati layanan pesan pizza yang dibawa pulang pelanggannya. Wah, ternyata restoran ini laris dikenal pengunjung.

Pesanan kami datang semua. Di restoran yang terbilang profesional makanan yang dipesan untuk 2-3 orang memang harus disajikan bersamaan, bukan satu per satu. Lain cerita jika kita datang dalam kelompok besar maka bisa dimungkinkan datang sebagian demi sebagian pesanan. Hmm, dari aromanya makanan yang dipesan tampak lezat.

Untuk lasagna yang saya cicipi, benar-benar mengenyangkan. Rasanya anda perlu berpikir ulang memesan lasagna jika tidak sedang lapar. Pasalnya lasagna bolognese yang saya pesan terdiri atas keju dan daging sapi cincang yang sudah cukup membuat saya kenyang. Sausnya itu juga enak, rasa tomatnya tidak asam dan setiap dibuka kejunya meleleh di antara saus tomat. Yummy!

Pertama memang untuk membuat lasagna bolognese harus membuat saus tomatnya terlebih dulu. Saus ini sama seperti kita memasak spaghetti bolognese. Setelah selesai saus, tiap helai lasagna dilapisi saus dan ada tambahan keju di atas lapisan. Paling baik dimasak selama tiga puluh menit dengan panas 180 derajat celcius. Ini saya banyak bertanya pada teman saya di sini asal Italia.

Saran dia yang lain untuk membuat lasagna adalah menggunakan keju mozarella dan cream yang bisa dibeli di supermarket. Setelah lasagna selesai dari pemanggangan, jangan langsung dipotong karena hasil lapisannya jadi berantakan! Tunggu beberapa menit baru bisa disobek lapisannya! Lasagna juga bisa jadi santapan makanan untuk dua hingga tiga hari berikutnya, asal dimasukkan dalam kulkas.

Selanjutnya, rigatoni pesanan suami. Apa itu rigatoni? Bisa dicek di sini. Rigatoni lebih dikenal di Indonesia dengan nama makaroni. Pernah kami memesannya namun sayangnya terlewat matang hingga akhirnya gosong dan tak enak di makan. Nah di restoran ini, rigatoni disajikan dengan memuaskan. Ini rigatoni yang spesial dan bumbu racikan ala juru masak di sini. Krim yang kental dan keju nampak membuat makaroni terasa enak dan tidak buat eneg. Ternyata pilihan rigatoni ala pramusaji di sini tepat sekali.

Advertisements

Categories: FOOD

Tagged as: ,

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.