ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Langkah Menulis Surat Formal Berbahasa Jerman

Susunan menulis surat formal/resmi bahasa Jerman.

Setelah saya pernah membahas cara menulis surat elektronik (email) berbahasa Inggris, kali ini saya membahas surat formal atau resmi berbahasa Jerman. Meski anda tidak membutuhkan menulis surat berbahasa Jerman, namun mungkin ini bisa menambah wawasan bahwa tiap negara punya ragam aturan sendiri.

Di sini berkirim surat masih dipandang perlu, walaupun sekarang sudah hadir surat elektronik (email). Tiap minggu pasti kami memiliki surat dengan macam-macam tujuannya mulai dari surat penting hingga surat yang berisi pesan reklame saja. Kotak surat pasti ada di tiap rumah di sini. Kita jadi terbiasa mengecek kotak surat secara rutin.

Selanjutnya, menulis surat formal atau resmi berbahasa Jerman perlu diperhatikan aturannya. Dalam penulisan kalimat yang digunakan adalah kata “Sie” atau dalam bahasa Indonesia biasa dikenal “Anda”. Perhatikan bahwa Sie dalam kata ganti bahasa Jerman, ada “sie” yang ditulis dengan huruf kecil yang berbeda artinya. Jadi penggunaan bahasa surat resmi dalam bahasa Jerman harus menggunakan kata ganti orang dengan “Sie” (=Anda).

Menulis surat resmi berbahasa Jerman dalam keperluan sehari-hari perlu dilakikan misalnya melamar kerja atau keluhan tentang sesuatu hal. Di sini kita memiliki hak untuk mengajukan surat resmi ke suatu instansi bilamana ada hal di luar prosedur. Seperti yang pernah saya lakukan ketika kereta datang terlambat dari Jerman ke Italia. Ceritanya bisa di lihat di sini. Keluhan lain misalnya pembelian barang yang tidak sesuai, pergi liburan tidak sesuai janji yang diiklankan dan masih banyak lagi.

Surat ditulis dengan rata kiri. Langkah menulis surat resmi berbahasa Jerman sebagai berikut:

1. Absender

Bagian ini ditulis pertama kali sebagai si pengirim surat. Siapa yang bermaksud mengirim surat? Anda sendiri maka dituliskan informasi diri seperti nama lengkap, alamat lengkap termasuk kode pos dan informasi lain seperti alamat email dan telepon. Tentu di bagian ini harus lengkap ditulis seperti nama yang sesuai identitas diri.

Di Jerman, nama ditulis nama depan (=vorname) dan nama belakang/nama keluarga (=nachname atau familienname). Nah, jika anda mendapatkan surat balasan maka nama yang disebut adalah nama belakang anda. Begitu pun informasi lengkap tentu anda seperti alamat dan nomor kontak karena ini menyangkut balasan surat anda nantinya.

2. Empfänger

Pada bagian kedua, ditulis tujuan surat. Tujuan surat ke instansi maka silahkan dituliskan sesuai nama tujuan. Setelah nama instansi, tuliskan nama orang yang menjadi perhatian surat, kemudian di bawahnya adalah posisi jabatan yang bersangkutan. Kemudian tuliskan juga alamat lengkap dari instansi yang dimaksud.

3. Datum

Bagian ketiga ini juga penting diperhatikan yakni tanggal dibuatnya surat. Sebagai surat resmi/formal, tanggal perlu dimasukkan. Umumnya tanggal ditempatkan di bagian kanan, rata kanan. Sebagian kecil menempatkan tanggal di bawah, di atas tanda tangan (=Unterschrift). Untuk penulisan tanggal berbahasa Jerman yakni tempat, tanggal, bulan dan tahun. Di antara tanggal, bulan dan tahun diberi tanda titik. Lihat contoh (Berlin, 20.10.2018).

4. Betreffzeile

Selanjutnya, tuliskan perihal surat! Apa maksud dan tujuan berkirim surat? Perihal tentang lamaran kerja untuk posisi guru misalnya, Bewerbung als Lehrerin. Atau perihal surat tentang keluhan, yakni reklamation. Betreff ini penting dituliskan pada surat-surat resmi.

5. Text

Sekarang masuk pada bagian tubuh surat, yang terdiri atas tiga bagian, antara lain:

A. Anrede

Ini adalah salam pembuka. Dalam surat resmi berbahasa Jerman wajib menggunakan kalimat baku Sehr geerhte Damen und Herren misalnya, yang berarti “yang terhormat ibu dan bapak.” Jika surat ditujukan pasti untuk pria maka dituliskan menjadi Sehr geehrter Herr….(nama keluarga/nama belakang) Begitu pun sebaliknya bila surat untuk perempuan maka dituliskan Sehr geehrte Frau… (nama keluarga/nama belakang).

B. Brieftext

Di bagian ini dituliskan maksud anda menulis surat. Mengapa anda menulis surat? Jelaskan informasi lain yang menunjang maksud anda. Tulisan harus benar-benar sesuai tata baku resmi (grammatik) bahasa Jerman.

C. Schlusssatz

Ini adalah bagian penutup yang terdiri atas harapan dan apreasiasi, bila diperlukan. Misalnya “Für eine schnelle Antwort wäre ich Ihnen sehr dankbar (=Saya ucapkan terimakasih untuk respon cepat anda). Atau “Über Ihre Einladung zu einem persönlichen Gespräch würde ich mich sehr freuen.” (=Saya akan berterimakasih jika anda mengundang saya dalam wawancara kerja). Kalimat lainnya misalnya “Vielen Dank im Voraus!” (=Terimakasih sebelumnya).

6. Grußzeile

Bagian ini menuliskan tentang yang biasa kita lakukan untuk memberi salam penutup. Dalam bahasa Indonesia, kita menulis “Hormat Kami” maka dalam bahasa Jerman dituliskan “Mit freundlichen Grüßen“.

7. Unterschrift

Setelah Grußzeile, beri jarak sedikit untuk bagian berikutnya. Di bagian ini adalah untuk tanda tangan sehingga perlu diberi jarak. Surat resmi berbahasa Jerman harus ditandatangani yang meyakinkan originalitas surat tersebut.

8. Anlagen

Bagian terakhir surat resmi bilamana diperlukan yakni lampiran. Apa saja yang diperlukan untuk menunjang keperluan surat anda? Cantumkan seperti daftar riwayat hidup jika anda ingin melamar kerja. Atau sampaikan nomor kuitansi pembelian bila menyangkut keluhan beli barang.

Semoga ulasan di atas bermanfaat dan menambah wawasan.

Advertisements

Categories: ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Tagged as: ,

2 replies »

    • Contoh suratnya banyak di Internet pak. Saya carikan jika bapak perlu. Saya hanya lebih menekankan pada skema penulisannya saja yang tak banyak dibagikan di internet.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.