ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Leberkäse dan Kreasinya: Makanan Khas Jerman (47)

Leberkäse dan semmeln, kemasan praktis.

Leberkäse pakai telur mata sapi. Makannya bisa dengan roti.

Leberkäse dengan kartoffelsalat dan telur mata sapi.

Kuliner berikutnya dari Jerman pastinya cukup terkenal jika anda berada di sini. Namanya leberkäse yang biasa dijual dengan harga 1€ yakni terdiri atas roti sammeln dan leberkäse di dalam. Hidangan ini bisa disajikan sederhana praktis “Leberkäse to go” hingga menjadi hidangan istimewa yang disediakan restoran. Leberkäse ini bisa sebagai sarapan pagi, makan siang atau makan malam. Semua tergantung selera anda.

Tetapi tunggu dulu, apa itu leberkäse? Jika melihat bentuknya, boleh dibilang ini seperti korned. Sedangkan bila diterjemahkan dari namanya, Leberkäse bukan berarti liver (=leber) dan keju (=käse). Jadi leberkäse adalah makanan yang tidak ada kaitannya dengan liver atau keju. Saya sendiri sudah bertanya, mengapa disebut leberkäse? Orang Jerman pun sulit menjelaskan alasannya.

Hingga suatu hari, saya mendapatkan pencerahan tentang leberkäse. Orang Bavaria amat suka makan leberkäse. Menurut mereka, asal kata leberkäse dari bahasa Boarisch atau bahasa lokal Bavaria. Leber berarti “lieb” yang merujuk pada bentuknya yang padat memanjang seperti persegi kemudian nantinya diiris menjadi kepingan. Sedangkan “käse” merujuk pada rupa pembuatan yang sama seperti keju. Jadi leberkäse artinya daging cincang yang digulung memanjang. Dalam bahasa Inggris lebih dikenal meatloaf. Entahlah, namun pastinya banyak orang tak peduli arti namanya.

Di Bavaria, leberkäse termasuk makanan populer dan selalu tersedia di tukang potong daging. Bahkan ada juga kedai imbiss hanya untuk menjual leberkäse to go yang murah dan praktis dibawa. Jika tak punya banyak waktu dan uang untuk makan siang, seporsi roti dengan leberkäse digemari untuk dinikmati.

Bila dicicipi leberkäse maka rasanya tak ubahnya sosis sebagaimana makanan Jerman pada umumnya. Ya, makanan ini terbuat dari olahan daging. Resepnya pun tiap daerah berbeda-beda sesuai selera masyarakat lokal.

Meski begitu saya juga baru tahu bahwa leberkäse juga ada di negara-negara sekitarnya. Contohnya di Austria, leberkäse juga punya imbiss khusus dengan kreasi rasanya yang berbeda-beda. Ini saya temukan di salah satu restoran stasiun di Linz. Sementara di Belanda, leberkäse dikenal namanya menjadi leverkaas. Begitulah, leberkäse juga disukai tidak hanya di Jerman.

Saya sudah menguraikan leberkäse dalam kemasan praktis, bagaimana dengan leberkäse saat disajikan di restoran? Leberkäse disajikan dengan kartoffelsalat ditambah telur mata sapi. Terkadang ada saus tomat dan salad untuk menikmatinya.

Jika tidak ingin membeli yang sudah matang, anda juga bisa membelinya yang masih mentah di supermarket. Kreasi dan variasinya, silahkan diatur sendiri!

Advertisements

Categories: ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Tagged as: ,

2 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.