TRAVELING

Zadar, Kroasia (3): Jagung Bakar, Donut Hingga Indomie Ada di Kroasia

Jagung bakar.

Fritule atau disebut juga donut.

Es krim.

Aneka panganan lokal.

Makanan apa yang anda bayangkan jika berada di wilayah mediterania? Atau makanan apa yang mungkin bisa dijumpai di tepi pantai? Selintas pemikiran tersebut mengalihkan saya mengingat perut sudah terasa lapar. Maklum berjalan di tepi pantai di Zadar ada banyak pilihan kuliner ala kafe, restoran dan bar yang semuanya tergantung selera anda. Namun saya ingin sesuatu yang lain, semacam jajanan kaki lima. Saya bujuk suami, akhirnya dia pun luluh.

Kebetulan saat kami datang, ada pasar malam dan malam seni ala India. Banyak orang datang hilir mudik, termasuk yang berbelanja sampai mereka yang hanya melihat-lihat. Karena ada banyak jajanan lokal di tenda, saya jadi bingung mau pilih mana.

Pertama, jagung bakar yang menurut bahasa lokal disebut “kukuruz”. Penasaran dengan rasanya, kami pun membelinya. Harganya 16 KN, setara 2€ dimana jagung hanya dibakar saja diberi garam yang ditaburi, jika si pembeli suka. Kami tunggu kira-kira sekitar 5 – 10 menit sampai penjual selesai membakarnya. Harganya sih terkesan mahal karena Zadar kota turis, itu kata teman saya orang Kroasia.

Usai menikmati jagung bakar, kami mengamati macam-macam penganan lokal yang dijajakan. Rupanya ada kue donat dengan bentuk yang berbeda. Donut disebut juga Fritule, namun beberapa gerai jajanan menamainya kue ini donut. Donat yang biasa kita kenal berbentuk bulat dengan lubang di tengah. Di sini bentuknya sama bulat, hanya saja tidak berlubang. Untuk menambah rasa bisa ditambahkan gula bubuk putih yang seperti bedak atau nutela cokelat. Harganya sekitar 20KN.

Mengapa diberi nama donat? Bahan kue yang digunakan untuk membuat donat juga sama. Rasanya pun sama seperti donut. Diberi nama donat karena di Zadar terdapat gereja katolik santo Donatus. Lebih jelas tentang gereja santo Donatus, bisa dicek di sini.

Jajanan lain, ada juga es krim dengan aneka rasa yang memikat. Harga es krim bervariasi mulai dari 9€ untuk satu cup sendok es krim. Jajanan lain juga jus buah yang dijual dengan harga bervariasi. Meski anda turis perhatikan juga saat anda menerima uang kembalian. Terkadang mereka mengembalikan nominal uang yang tidak sesuai.

Indomie rasa mediterania.

Indomie rasa kari ayam ala Mediterania.

Suasana pasar malam.

Terakhir, saya juga mendapati indomie. Siapa sih yang tidak kenal indomie di Indonesia? Rupanya tahun 2016, pabrik indomie baru saja dibuka di area Serbia, negara tetangga Kroasia. Saya mendapati indomie dengan bahasa lokal terjual di salah satu supermarket di Zadar. Indomie dengan aneka rasa seperti rasa kari ayam, berada di bagian kuliner Asia.

Nah, berikut saran saya di bawah ini.

  1. Untuk menginap di wilayah wisata seperti tidak cukup hanya sebentar. Oleh karena itu, kita bisa memesan kamar ala vila atau apartemen dimana sudah tersedia perlengkapan dapur dan dapur yang nyaman. Untuk berhemat, kita bisa memasak sendiri dan tak harus setiap saat membeli.
  2. Perhatikan juga saat terima uang kembalian. Terkadang sebagai turis, kita abai dan mungkin saja uang kembalian yang diterima tidak sesuai.
  3. Zadar ini kota yang nyaman untuk turis. Ada banyak pilihan kuliner yang tersedia. Jika ingin memasak sendiri, tersedia supermarket besar yang menyediakan kebutuhan pangan.
  4. Ada transportasi gratis seputar kota Zadar dari pusat kota ke beberapa titik penginapan. Selebihnya, anda bisa berjalan kaki atau sewa sepeda.

Semoga bermanfaat.

Advertisements

Categories: TRAVELING

Tagged as: ,

2 replies »

    • Nama donut bukan berarti kue donut seperti yang kita kenal pak. Bentuk kuenya bulat kok. Hanya saja ada yang menyebutnya fritule, ada yang menyebutnya donut karena dijual di dekat gereja Santo Donatus. Kuenya berbentuk beda dengan donut, meski menurut saya rasanya mirip sih.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.