FOOD

Rindfleisch mit Kung Pao Art, Cah Sapi ala Szhecuan: Makanan Khas Asia (40)

Kuliner berikut berasal dari Sichuan, salah satu wilayah di daratan Tiongkok selatan. Makanan ini dipercaya muncul pada abad 19 di Szhecuan. Ada yang menyebutnya Gongbao, namun ada pula yang mengatakan Kung Pao. Terjadinya migrasi menyebabkan makanan khas ini mengalami moderenisasi. Kini makanan ini pun dikenal di Jerman, tepatnya tersedia di restoran Asia yang dikelola orang-orang Vietnam.

Kuah Kung Pao biasanya terlihat hitam kental dan sedikit irisan cabai dalam kuahnya. Menyebut Kung Pao berarti makanan ini disiapkan dengan aneka rempah-rempah istimewa untuk merendam daging dan sayuran yang diinginkan. Awalnya saus ini diciptakan menggunakan daging ayam. Belakangan berdasarkan selera pelanggan, saus kung pao bisa disajikan dengan daging sapi atau daging babi. Bahkan ditambahkan lebih banyak sayuran aneka warna.

Agak pedas memang sausnya, karena ada tambahan cabai kering. Lalu rahasia istimewa pada saus ada di anggur masakan yang dibawa khusus dari Tiongkok. Tak lupa pula bawang putih dan minyak wijen yang menambah citarasa saus. Bawang putih dan merica itu perlu dalam masakan Tiongkok.

Selanjutnya daging biasanya dipilih yang fillet, kemudian dipotong kecil-kecil. Daging kemudian dilumuri tepung maizena. Ini berlaku untuk semua daging yang dipesan pembeli. Untuk melumuri dengan tepung diperlukan putih telur setelah daging diberi garam sedikit.

Oh ya, saya memesan kung pao dengan daging sapi sementara suami memesannya dengan cumi-cumi. Sayangnya saya lupa mengabadikan pesanan suami. Namun kurang lebih sama, hanya saja isiannya yang berbeda.

Jika anda suka makanan pedas manis, saus kung pao tepat dicoba. Beberapa restoran kerap menaburkan kacang di antara saus. Sementara kadang ada juga yang tidak menggunakan kacang.

Selamat makan!

Advertisements

Categories: FOOD

Tagged as: ,

6 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.