OPINION

11 Ide Rayakan Hari Lajang 11 November

14 Februari menjadi hari yang paling dikenal banyak orang di seluruh dunia karena tanggal tersebut dikenal sebagai hari kasih sayang. Hari kasih sayang identik dengan berpasangan atau bersama dengan orang lain yang dikasihi. Bagaimana jika sebaliknya? Maksudnya, merayakan diri sendiri yang masih lajang. Itu sebab muncul fenomena hari lajang. Hari lajang dikenal sebagai anti atau kebalikan dari hari valentin.

Tepatnya 11 November dirayakan bagi masyarakat Tiongkok moderen untuk merayakan hari lajang. Meski begitu hari lajang bukan hanya bagi yang masih lajang, namun sesungguhnya hari “me time” yakni waktu berkualitas dan menyenangkan diri sendiri. Hari dimana anda menyiapkan tradisi atau sesuatu istimewa untuk diri sendiri.

Cerita selengkapnya tentang hari lajang bisa dilihat di sini. Namun kini saya beri 11 ide menarik seorang diri yang mungkin bisa jadi pilihan anda di hari ini. Apa saja?

1. Berbelanja online

Siapa pun suka berbelanja? Pemikiran ini yang mendasari diskon besar-besaran saat hari lajang dimana pun. Industri bisnis belanja online memanfaatkan hari lajang untuk menarik animo banyak orang agar berbelanja. Nah, jika selama ini kita selalu memberi hadiah untuk orang lain maka di hari lajang ini bisa jadi anda memilih hadiah untuk diri sendiri. Tak perlu pergi jauh-jauh ke pusat perbelanjaan, cukup pasang mata di depan komputer atau layar smart phone anda. Happy shopping!

2. Baca buku kesukaan

Bagaimana caranya untuk melarikan diri dari kejenuhan harian? Baca buku. Membaca memberikan inspirasi saat anda kehilangan minat dan tak bergairah. Pilihlah buku yang sesuai dengan kondisi anda saat ini. Baca buku yang berisi novel romantis atau kisah mistis petualangan tentu menggiring imajinasi anda seharian. Siapkan tempat yang nyaman dan cemilan, dijamin anda puas membaca buku yang dimaksud.

3. Mendengarkan musik sambil ditemani secangkir kopi di kafe istimewa

Musik memberi suasana emosi yang diinginkan pendengarnya. Semakin istimewa lagi jika mendengarkan musik ditemani secangkir kopi dalam suasana yang berbeda. Bilamana selama ini anda pergi ke kafe kesukaan bersama orang lain, kini pergilah seorang diri. Nikmati kopinya, alunan musiknya, suasana di sekitar kafe hingga senyum ramah barista kopi yang menyambut anda. Sadari bahwa itu semua indah.

4. Menonton film kesukaan

Seharian menghabiskan waktu dengan nonton drama korea, boleh juga. Tak suka drama korea, anda bisa pilih yang bertemakan komedi atau horor yang menjadi kesayangan selama ini menonton film. Siapkan tempat yang nyaman, aneka film yang ingin ditonton hingga cemilan. Namun bila tak ingin repot, anda bisa pergi ke bioskop dan cari film yang sedang hits atau film yang menghibur anda saat ini. Kapan lagi menghibur diri sendiri dengan sajian film keinginan anda jika bukan “me time” di hari lajang.

5. Pergi ke salon kecantikan

Kapan terakhir kali anda merapikan rambut? Selama ini mungkin anda berpenampilan menarik dan tampilan “wah” saat ada pesta atau acara khusus. Kali ini saat anda ingin membahagiakan diri sendiri, mengapa tak coba pergi ke salon untuk memperbaiki tatanan rambut atau minta didandani oleh ahlinya. Bisa jadi anda sendiri tidak mengenali diri sendiri bahwa anda sesungguhnya rupawan. Atau selama ini begitu sibuk beraktivitas hingga lupa merawat diri. Ayo, santaikan diri untuk merawat penampilan!

6. Pijat dan sauna

“Me time” identik dengan rehat, relax dan rekreasi sebentar. Pernah coba pijat dan sauna? Selama ini mau pergi pijat dan sauna perlu waktu berjam-jam dan tak ada waktu lowong. Padahal mendapatkan pijatan pada tubuh dan berdiam diri di sauna menjadi aktivitas yang menyenangkan dan menyehatkan. Saat dipijat dan berdiam di sauna mungkin anda perlu berjam-jam, itu berarti saatnya lepas dari smart phone atau memperhatikan layar gadget yang setiap saat sering kita perhatikan. Kini perhatikan tubuh anda, apakah kini saatnya relaks?

7. Memasak makanan favorit

Jauh di perantauan, tiba-tiba keinginan untuk makanan favorit muncul. Karena tak mudah ditemukan, mengapa tak mencoba buat sendiri? Cari resep di internet, beli bahan di pasar dan langsung praktik masak di rumah. Kapan lagi bereksperimen memasak dan mencicipi masakan sendiri? Makanan favorit itu mengobat kerinduan loh. Coba saja!

8. Jogging/fitness

Tak suka melakukan ketujuh ide di atas, coba lakukan olahraga sendirian! Sudah lama mendaftarkan diri ke fitness studio, tetapi belum pernah melakukannya seorang diri. Bagaimana jika menantang diri untuk memenuhi target fitness? Atau ambil headset, siapkan baju dan sepatu jogging kemudian mulailah jogging di sekitar jalanan rumah! Buatlah olahraga itu menyenangkan diri sendiri, bukan keterpaksaan!

9. Makan di restoran yang disuka

Selama ini anda ingin mencicipi kuliner yang berbeda seperti masakan Prancis atau masakan Italia yang terkenal itu, namun tak ada waktu. Atau ada restoran baru dengan konsep yang berbeda dan menarik atensi anda untuk datang. Tak perlu takut makan sendirian di restoran. Justru anda bisa memesan fasilitas istimewa di restoran tersebut seperti menikmati alunan musik biola hanya untuk anda atau seseorang memainkan musik piano untuk anda sambil anda menikmati sajian. Bahkan ada fasilitas meletakkan boneka atau manekin di kursi hadapan anda agar tak merasa sendiri. Fasilitas istimewa lainnya misalnya sajian terenak dan paling banyak dipesan tamu di restoran tersebut. Anda tahu bahwa menikmati makanan yang disuka itu seperti mensyukuri nikmat Tuhan.

10. Berendam di bathtub

“Me time” termurah yang saya lakukan adalah menikmati air hangat, tambahkan essential oil dan berendam di bathtub kamar mandi sendiri saat tak ada orang di rumah. Itu nikmat sekali! Tambah lagi, pasang lagu-lagu favorit dan majalah gosip. Anda juga bisa menikmati “me time” di bathtub sendiri sambil minum red wine. Ini ide menarik karena di luar sedang ditutupi salju.

11. Menulis

Terakhir, ide dari saya adalah menulis. Tulislah apa yang sedang anda alami, pikirkan dan rasakan! Sedang jatuh cinta, tulislah! Punya impian, sampaikan itu! Membuat fantasi, jadikan tulisan yang menarik. Menulis puisi atau apa pun ekspresi tulisan anda, nyatanya menulis itu lebih dari ekspresi kata dan kalimat. Menulis itu menjiwai apa yang anda ketahui dan rasakan. Menulis itu seperti menjadi diri sendiri.

So, bagaimana anda menjalani single day di hari ini? Happy Sunday!

Advertisements

Categories: OPINION

Tagged as: ,

9 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.