ALL ABOUT DEUTSCHLAND

3 Makanan Ini Populer di Jerman, Tetapi Bukan Makanan Tradisional

Pertama kali pindah ke suatu negara pasti yang dicari adalah makanan yang jadi kebiasaan warga setempat. Saat di Jerman, ternyata tidak melulu soal sosis, roti dan schnitzel. Ada juga makanan yang bisa disebut internasional, umum dan populer yang dijual di sini. Disebut umum dan populer menurut saya karena makanan tersebut juga ada di Indonesia.

Jika anda berkunjung ke Jerman, tak perlu khawatir soal kuliner karena di sini ternyata ada makanan seperti donner, pizza dan hamburger yang juga ada di Indonesia. Tiga makanan tersebut memang mudah ditemukan di seluruh Jerman. Anda bisa membeli dari yang murah di supermarket kemudian tinggal dipanaskan atau dimasukkan di microwave. Sampai anda perlu merogoh kocek yang mahal karena makanan tersebut tersaji istimewa di restoran ekslusif.

Tiga makanan berikut memang bukan makanan tradisional tetapi seiring berjalannya waktu warga di sini mulai menyukainya. Boleh dibilang tiga makanan berikut praktis, apalagi bagi pekerja yang tak punya banyak waktu saat makan siang. Kedai imbiss seperti pizza, donner dan hamburger juga laris diminati di sini.

1. PIZZA

Pizza champignon dan salami.

Kehadiran orang Italia sebagai “pekerja tamu” di era tahun 1950-an menambah semarak kuliner Jerman. Hampir di tiap tempat di sini ada restoran Italia. Memang masakan Italia terkenal lezat di dunia. Bisa jadi ini alasan bahwa makanan khas Italia bisa tersebar dan diterima orang-orang di sini. Akhirnya bisnis pizzeria bermunculan dan menjadi bagian keseharian warga.

Dalam pencarian informasi ditemukan bahwa bisnis penjualan pizza di Jerman lebih lambat ketimbang di negeri Paman Sam. Kedai penjualan pizza baru ada tahun 1952 di Würzburg, Bavaria. Tiga tahun kemudian bermunculan kedai pizzeria di beberapa kota besar di Jerman.

Untuk menikmati pizza, ada yang berharga sekitar 1€ hingga tak kurang dari 10€. Semuanya tergantung selera topping yang dikehendaki. Kebanyakan orang di sini masih menambahkan telur dan peperoni di atas pizza.

2. DONNER KEBAB

Donner yang disajikan tanpa roti, tetapi dalam piring besar.

Makanan kedua tentunya juga sudah anda kenal di Indonesia. Donner di sini berbeda dengan yang biasa dijual di Indonesia. Apa yang membuatnya berbeda dan berasa lezat? Menurut saya, dagingnya menggunakan ayam kalkun dan sausnya lebih dari sekedar saus tomat atau saus sambal. Tak hanya tomat dan timun saja, donner di sini lengkap dengan salat sayurannya. Kebanyakan kedai donner sudah meracik saus dengan bumbunya yang melengkapi rasa donner sendiri.

Setelah orang Italia datang ke Jerman sebagai “gast-arbeiter” selanjutnya adalah warga Turki yang juga datang di era tahun 1950-an. Cikal bakal kuliner asal Turki ini bermula dari kedatangan mereka yang bekerja dan menetap di Jerman. Penggagasnya melihat peluang bisnis ini setelah mengamati bahwa orang Jerman senang mendapati makanan praktis di tangan saat waktu makan siang tiba, di sela-sela mereka bekerja. Peluang ini berhasil dan menjadikan bisnis kuliner donner kebab berkembang pesat di sini.

Dari penelusuran informasi dikatakan, donner telah ada di Berlin pada tahun 1972. Meski si penggagas pertama kali donner telah wafat, namun usaha ini terus berjalan dan menyebar ke seluruh Jerman. Untuk membuka bisnis donner, perlu diperhatikan kontrol daging kebab yang sesuai dengan kebijakan Uni Eropa.

3. HAMBURGER

Hamburger yang disajikan eksklusif di restoran.

Terakhir adalah makanan yang sudah pasti juga anda kenal. Ya, hamburger adalah makanan khas negeri Paman Sam yang terdiri atas roti, daging sapi cincang yang dipanggang dan ditambah aneka selera lain seperti keju, sayuran, mustard, mayonnaise dan sebagainya. Sejarah mencatat hamburger sudah ada dalam daftar buku resep tahun 1842 di Amerika Serikat.

Mengusung makanan praktis untuk para pekerja di kelas menengah masyarakat membuat hamburger mudah diterima dan disukai banyak orang. Roti dan daging seolah seperti makanan tradisional yang biasa tersedia di sini. Hamburger tak hanya makanan cepat saji saja, namun dahulu hamburger menjadi makanan ekslusif yang disukai semua kalangan.

Penelusuran riwayat hamburger dikatakan bahwa penamaan makanan ini mungkin berkaitan dengan kota Hamburg, yakni kota terbesar kedua di Jerman. Sekitar abad 18 di Hamburg memang ada makanan yang menyerupai hamburger. Kini hamburger bisa dinikmati siapa saja karena harganya yang terjangkau. Namun anda juga bisa mendapati hamburger yang dihidangkan istimewa seperti yang terlihat pada gambar di atas.

Apa makanan anda hari ini?

Advertisements

Categories: ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Tagged as: ,

2 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.