OPINION

Mengapa Ada Popcorn Saat Kita di Bioskop?

Why is popcorn associated with movies?

Pernahkah berpikir mengapa saat di bioskop, kita menikmati popcorn? Tak hanya di Indonesia, Amerika bahkan benua Eropa juga bahwa menikmati popcorn identik dengan kita menonton film di bioskop. Namun mengapa popcorn sebagai makanan yang identik dijual saat menonton film di dalam bioskop?

Dahulu film-film di bioskop tidak secanggih seperti sekarang. Film di bioskop dahulu masih hitam putih alias tidak berwarna. Film di masa itu pun tidak ada suara. Industri pemilik bioskop kemudian mempertimbangkan makanan kecil yang bisa dinikmati orang selama menonton film. Saat itu makanan kecil yang dimaksud adalah makanan ringan dan tidak berbau tajam karena saat dalam ruang pemutaran film yang tentunya tertutup. Bau makanan yang menyengat tentu akan mengganggu kenyamanan saat menonton film.

Pertimbangan lainnya adalah makanan ringan tersebut tidak membuat bunyi yang mengganggu kenyamanan menonton film. Akhirnya pemilik industri bioskop masa itu memilih popcorn karena makanan ringan ini sudah mulai dijajakan pada abad 19 di acara-acara karnaval. Lagi pula popcorn rasa manis dan asin tidak menimbulkan gangguan saat penonton menyaksikan film. Jadi popcorn diperbolehkan untuk dinikmati selama dalam ruang pemutaran film.

Alasan lain mengapa popcorn dinikmati saat kita menonton film adalah harganya yang terjangkau. Pemutaran film di jaman dahulu adalah solusi bagi sebagian masyarakat yang ingin mendapatkan hiburan tetapi tak cukup uang untuk menikmati opera di teater. Karena tidak ingin membebani penonton yang ingin menikmati film maka dijuallah popcorn yang harganya terjangkau. Cukup hanya dengan biji jagung, orang sudah bisa menikmati makanan kecil yang renyah.

Mengapa tidak makanan lain saat kita menonton film? Pastinya anda tidak ingin terganggu mendengar suara orang mengunyah makanan, bau makanan yang tajam atau bunyi perlengkapan makanan yang digunakan. Popcorn menjawab itu semua. Siapa pun suka, tua-muda dan anak-anak. Popcorn yang renyah bisa dipilih asin atau manis.

Saat menonton film di bioskop, anda menonton bersama orang lain yang tentu ingin dihargai juga karena demikian pesan yang selalu tersedia di awal film. Karena anda menonton bersama orang lain juga.

Advertisements

Categories: OPINION

Tagged as:

4 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.