OPINION

Mengapa Warna Sprei Kamar Hotel Cenderung Putih?

Seringnya saya berpergian untuk tugas kantor atau sekedar liburan membuat saya mengenal berbagai macam hotel. Mulai dari hotel berbintang hingga hotel melati sudah pernah saya rasakan. Satu yang menjadi pertanyaan saya, mengapa sprei kamar hotel kebanyakan berwarna putih. Saya jadi penasaran.

Rupanya pihak pengelola pun membuat berbagai eksperimen warna sprei agar bisa terlihat menarik bagi tamu hotel. Sampai akhirnya diputuskan bahwa warna putih itu lebih baik ketimbang warna-warna lainnya. Era tahun 1990-an banyak hotel beralih menggunakan sprei berwarna putih. Bahkan ada hotel yang memakai warna putih untuk sarung bantal dan sarung selimut juga. Sisanya mereka meletakkan dekorasi dan aksesoris berbeda warna.

Dari sekian pengalaman menginap di hotel, saya pun jadi tertarik cari tahu. Apa alasan sprei kamar hotel selalu berwarna putih?

1.Warna putih lebih mudah dibersihkan

Jika saya paling malas mengenakan pakaian warna putih karena pakaian berwarna putih itu justru selalu dicuci terpisah dari pakaian berwarna. Namun pengelola hotel memilih warna putih pada seprei, sarung bantal dan sarung selimut dikarenakan lebih mudah dibersihkan. Menurut pengelola hotel, mereka mencuci warna putih lebih mudah dengan air bersuhu 60 sampai 80 derajat celcius maka noda membandel mudah dibersihkan. Karena semua berwarna putih maka tak ada keraguan untuk memilah berdasarkan warna. Jadi kemungkinan luntur atau warna pudar karena sudah lama digunakan tampak tidak terlihat jelas pada bahan berwarna putih.

2. Warna putih terlihat elegan dan berkelas

Percayakah bahwa warna putih itu terlihat mewah dan elegan? Selain fasilitas hotel yang disediakan, rupanya sprei, sarung bantal dan sarung selimut pun jadi pertimbangan agar membuat tamu betah. Kenyamanan tamu untuk menginap jadi pertimbangan sehingga diputuskan warna putih lebih cocok karena terlihat berkelas.

3. Warna putih cocok dipadupadankan dengan aksesoris lainnya di kamar hotel

Anda pasti sepakat jika warna putih adalah warna dasar yang mudah untuk dikombinasikan dengan warna lainnya. Seperti pada foto di atas, pengelola hotel menambahkan hiasan bantal kecil dengan warna kuning emas. Begitu pun selempang yang menutup tiap selimut bercorak kuning emas dan abu-abu. Akesoris demikian tampak selaras dengan warna putih pada seprei, bantal dan selimut bukan?

4. Warna putih membuat tempat tidur tampak bersih

Alasan lain yang saya temukan, mengapa warna putih dipilih untuk seprei, sarung bantal dan sarung selimut? Dikarenakan warna putih akan membuat kamar tidur terlihat bersih. Bagaimana pun tamu hotel senang jika tidur di kamar yang bersih dan nyaman.

5. Warna putih tampak membuat kamar terkesan baru.

Alasan terakhir yang saya temukan, bahwa warna putih akan selalu terlihat baru bagi yang melihatnya. Kebanyakan tamu hotel ingin tinggal di hotel yang tampak baru atau selesai direnovasi. Itu semua terjawab ketika pengelola memasang seprei, sarung bantal dan sarung selimut berwarna putih.

Semoga bermanfaat!

Advertisements

Categories: OPINION

Tagged as:

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.