FOOD

Tiramisu, Prinzregententorte atau Harlekin Buat Temani Minum Kopi: Kue Khas Jerman (3)

Prinzregententorte.

Harlekin.

Tiramisu.

Kue-kue di Jerman memang memikat mata, apalagi saat musim gugur seperti sekarang yang kadang turun hujan dan mulai mendekati musim dingin. Makan kue ditambah secangkir kopi di sore hari adalah pilihan istimewa saat ini. Akhirnya saya dan suami pun ikut menikmati sajian kue dan kopi di suatu kafe. Maklum saya belum ada keahlian membuat kue.

Tema kue saat ini adalah kue yang dilapisi cokelat. Pertama adalah prinzregententorte. Jika Wina, Austria punya sachertorte yang terkenal enaknya maka Bayern, Jerman punya kue yang sama enaknya yakni prinzregenten. Kue ini hampir sering dijumpai di setiap kafe dan toko roti di wilayah Bavaria. Jenis kuenya memang seperti torte, namun pasti ada yang membedakannya.

Prinzregententorte adalah kue cokelat yang didalamnya terdiri atas enam sampai delapan lapisan spons kue. Tiap lapisan spons kue diberi buttercream kemudian dilapisi cokelat pekat yang lezat. Terkadang di atas kue masih diberi topping selai buah dan krim kue tergantung selera pembuat.

Kue ini diberi nama sesuai kemunculannya pertama kali. Dari wikipedia yang saya kutip bahwa kue berasal dari seorang pangeran dari Bavaria, yang diterjemahkan dalam bahasa Jerman, Prinzregent im Königsreich Bayern. Kue ini sudah diperkenalkan ke publik abad 19. Dengan racikan resep yang dulunya masih rahasia, jumlah lapisan dalam kue menggambarkan jumlah wilayah administratif Bavaria tempo dulu.

Perlahan kue ini semakin diminati masyarakat. Tak lupa ada selai buah aprikot yang disukai masyarakat Bavaria umumnya. Diameter kue dan jumlah lapisan kue sampai sekarang masih dipertahankan.

Kue selanjutnya yang agak mirip bernama harlekin. Kue ini juga terdiri lapisan butter dan cream juga hanya saja diselipi selai buah, tergantung selera si pembuat kue. Harlekin ini juga terbuat dari biskuit cokelat, selai buah dan buttercream. Setelahnya kue dilapisi dark cocholate sama seperti kue pertama.

Sedangkan kue ketiga yang cocok untuk menemani minum kopi adalah tiramisu. Kue ini sebenarnya berasal dari Italia, hanya saja kue ini juga mudah dijumpai di kedai kopi di Jerman. Ada rasa kopi yang memikat, rum dan biskuit dalam balutan cokelat dan buttercream di sini. Makan kue ini ditambah minum kopi buat mata jadi terjaga sesaat. Setidaknya, ini bisa jadi pilihan sajian saat minum kopi.

Dari tiga kue yang saya perkenalkan di atas, mana yang jadi pilihan anda?

Advertisements

Categories: FOOD

Tagged as: , ,

3 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.