ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Museum Porsche, Stuttguart: Suka Mobil Bermerek dan Penggemar Mobil Balap

Tampak depan museum adalah pabrik pembuatannya.

Pintu masuk museum.

Di area parkir mobil.

Suka berkendara dengan mobil? Anda wajib berkunjung ke Stuttguart. Kota ini bisa disebut kota Otomatif karena terdapat dua museum ternama yakni Museum Mercedes-Benz dan Museum Porsche. Di Jerman, ada beberapa kota yang memang menjadi sentra otomotif baik sebagai informasi maupun produksi. Salah satunya adalah Stuttguart.

Sebelumnya, saya sudah pernah berkunjung ke museum BMW di München. Dari berkunjung ini, saya jadi tahu apa singkatan BMW yang selama ini diplesetkan di Jakarta. Di depan museum, terdapat juga pabrik produksinya. Untuk berkunjung ke museum BMW, tidak dikenakan biaya tiket masuk.

Kini lanjutan dengan museum otomatif lainnya adalah porsche yang terletak di Stuttguart. Sebelum menuju ke museum, tampak kami melalui pabrik pembuatannya. Sedangkan gedungnya dibuat dengan arsitektur yang mengagumkan dan mencolok dari kejauhan. Bagaimana tidak? Ada beberapa mobil seolah sedang menempel di menara depan museum. Keren ‘kan!

Ketika memarkirkan mobil, kami melihat jajaran mobil-mobil porsche yang menawan. Tampak penasaran lagi, ketika sebuah papan informasi bertuliskan dalam bahasa Jerman dan bahasa Inggris yang mengundang atensi pengunjung. Bunyi tulisannya begini “Wenn Sie schon mal hier sind, könnten Sie auch gleich fahren.” Artinya, anda sudah di museum porsche tetapi mengapa tidak mencoba untuk mengendarainya.

Sama seperti pada museum otomatif lainnya, di museum ini disuguhi sejarah awal bagaimana porsche dirancang. Kemudian kita mendapati aneka mobil porsche dari tahun ke tahun. Bagi penggila mobil porsche pasti anda menyukainya karena bentuknya yang cool dan mengundang mata siapa saja yang melihat. Kata suami saya, mobil porsche tahun 1970-an saja bisa terjual dengan harga 200.000 Euro bahkan mungkin lebih. Sementara mungkin bagi saya yang tak paham otomatif, mobil tua biasanya harganya murah. Namun tidak untuk porsche, selalu punya nilai jual yang fantastis.

Ada kira-kira 80 kendaraan yang terpajang di sana. Pengunjung disuguhi mobil-mobil porsche yang menawan dari masa ke masa. Juga desain bangunan museum yang moderen dan mewah seolah menunjukkan identitas mobil porsche itu sendiri. Begitu pun ada sajian restoran yang bisa dinikmati pengunjung. Sedangkan bagi saya, saya cukup senang mengamati aneka sovenir yang bisa jadi buah tangan.

Hal menarik dari museum ini tersedianya arena bermain untuk anak-anak. Ini baik bagi pengunjung yang membawa anak-anak agar mereka juga bisa merasa nyaman selama di museum. Ada juga permainan mengenadarai mobil porsche sehingga anda seolah-olah mengendarainya. Juga area mobil mainan yang dimainkan dengan remote control untuk dilalui dalam jalur-jalur.

Museum yang dibangun sejak 2009 ini cocok dan direkomendasikan bagi pecinta otomotif atau penggemar mobil balap. Buat kami, cukup satu jam berkunjung. Apalagi ada biaya parkir mobil yang harus dikeluarkan. Selebihnya jika anda ingin menjangkaunya dengan kendaraan umum, anda bisa gunakan S-bahn S6 dari Hauptbahnhof. Lalu turun di Neuwirtshaus (Porscheplatz).

Jadi kapan anda akan berkunjung ke sini?

Advertisements

Categories: ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Tagged as: , ,

3 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.