ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Memberi Makan Burung Saat Musim Dingin

Memberi makan burung hanya berlaku kala musim dingin.

Membeli kandang burung dan meletakkan makanan untuk mereka.

Pertama kali saya datang ke Jerman saat musim dingin. Hal menarik yang saya perhatikan adalah banyak penduduknya membeli kandang burung dan makanan burung. Awalnya saya berpikir mereka punya burung sebagai binatang peliharaan di rumah. Bahkan kandang dan makanan burung bisa dijumpai di supermarket biasa, bukan toko khusus untuk pencinta binatang.

Hingga saya mendapatkan penjelasan ketika saya berkunjung ke rumah mertua pertama kali. Ternyata mereka pun melakukan hal yang sama. Lalu suami saya pun menjelaskan bahwa burung-burung perlu makan di musim dingin dan mereka tidak mendapatkan itu. Tugas kita adalah menyiapkan makanan untuk burung yang datang ke rumah kita.

Mendengar penjelasan itu, saya jadi terharu. Saya saja tidak berpikiran sampai sejauh itu. Rupanya orang-orang di sini memikirkan kehidupan makhluk hidup lainnya. Selang beberapa menit, saya mengamati seekor burung menghampiri kandang kami dan menikmati makanan burung yang sudah disiapkan sebelumnya. Terkadang burung-burung itu menetap beberapa saat, lalu terbang lagi. Sontak saya pun terkesima bagaimana kita menghargai cara alam bekerja.

Dengan polosnya saya pun bertanya, apakah kita juga memberikan makanan pada burung di luar musim dingin?

Jawabnya tidak.

Burung yang hidup dan terbang liar hanya perlu diberi makan di musim dingin karena kondisi cuaca yang ekstrem karena burung-burung tersebut tidak bisa mendapatkannya sendiri. Ada burung-burung tua dan mungkin lemah yang bisa saja mati karena tidak mendapatkan makanan saat musim dingin. Itu penjelasannya.

Namun di luar musim dingin, kita tidak perlu memberi mereka makanan. Karena hal itu mengganggu seleksi alam.

Harga makanan burung memang tak mahal. Bahkan kandang burung pun bisa dipakai berkali-kali. Di hari Minggu ini, saya jadi teringat pesan baik orangtua saya di Jakarta. Jika kita bisa memberikan makanan pada yang lain, kita menciptakan “kehidupan”.

Selamat berhari Minggu!

Advertisements

Categories: ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Tagged as:

2 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.