TRAVELING

Split, Kroasia (2): Pernah Menjadi Bagian dari Kejayaan Romawi

Maket kota Split.

Melanjutkan kunjungan kami ke Split, Kroasia beberapa waktu lalu. Kali ini saya bercerita lebih panjang lagi, apa yang anda dapatkan di Split sebagai kota terbesar di sekitar laut Adriatik. Dengan jumlah penduduk 200.000, Split juga menjadi tujuan wisata bagi wisatawan karena ketersediaan berbagai transportasi untuk menjangkaunya. Mulai dari kapal laut, kereta hingga pesawat pun bisa tiba langsung ke Split.

Sejak tahun 1979, UNESCO telah menjadikan kota tua Split sebagai cagar budaya dunia yang harus dilindungi. Dikenal sebagai kota yang dipenuhi arsitektur menawan berbangunan putih, Split dihiasi istana dan peninggalan bangunan sejak 1700 tahun yang lalu.

Konon Kaisar Diocletian adalah kaisar yang mendirikan Split hingga layaknya kota Roma. Kaisar Diocletian adalah kaisar yang memerintah pada kekaisaran Romawi sekitar abad 3 Masehi. Ia bermaksud mendirikan Split untuk menghabiskan masa tuanya. Apalagi Split yang terletak di laut Adriatik punya pantai yang bersih dan indah. Ditambah banyaknya gereja masa itu, seolah Split menawarkan kedamaian spritual.

Sebagai bukti bahwa Split pernah menjadi bagian dari kejayaan Romawi, ada petugas di pintu masuk pusat kota tua yang mengenakan kostum ala prajurit romawi. Katedral Split dengan tinggi menara 60 meter menjulang dan mudah dikenali dari kejauhan. Katedral dibangun pada masa Kaisar Diocletian. Katedral ini memiliki altar yang indah. Untuk mengetahui lebih jauh tentang katedral, pengunjung dikenakan tiket masuk.

Lagipula banyak bangunan di Split yang menawan dan masih bisa dinikmati hingga sekarang. Anda bisa saja menikmati secangkir kopi di dalam kafe yang berbangunan ribuan tahun lalu. Atau menikmati sajian istimewa di restoran dengan bangunan yang benar-benar terbaik untuk spot berfoto.

Sebagai kota besar, anda bisa menjumpai bagaimana penduduk Split bertransaksi di pasar ikan atau juga pasar sovenir. Penduduknya yang ramah siap menyambut turis yang datang.

Advertisements

Categories: TRAVELING

Tagged as:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.