OPINION

Jalan Kaki Jadi Salah Satu Rahasia Panjang Umur Orang Jepang

Mengenal berbagai orang dengan latar belakang budaya yang berbeda memang jadi ide menarik untuk belajar tentang kehidupan. Salah satunya adalah rahasia panjang umur ala orang Jepang. Meski umur adalah rahasia Ilahi, namun siapa pun berkehendak ingin punya umur yang panjang dan sehat sejahtera tentunya.

Adalah teman baik saya yang sama-sama belajar di sini dan berasal dari Jepang. Sebut saja namanya Masako. Saya memperhatikan dia berjalan kaki menuju kampus, sementara saya sedang berada di dalam bis. Pikir saya, mungkin dia sengaja melewatkan jadwal bis karena kondisi bis yang sedikit penuh sehingga dia memilih berjalan kaki menuju ke kampus.

Setibanya di kampus, saya menghampiri dia dan menyapanya. Saya katakan bahwa saya melihatnya berjalan kaki menuju ke kampus sementara saya sedang berada di dalam bis. Padahal jika dia mau, dia bisa naik bis dengan waktu lebih singkat ke tempat tujuan ketimbang berjalan kaki yang memakan waktu lebih lama.

Anda tahu, apa jawaban dia?

“Anna, bagaimana pun berjalan kaki itu lebih sehat. Lagi pula, saya memang tidak ingin terburu-buru tiba di kampus.”

Penasaran dengan jawabannya. Saya pun menarik kursi dan duduk sebentar dengannya. Dia mengatakan bahwa berjalan kaki adalah bagian keseharian yang dihadapi orang Jepang pada umumnya. Dari rumah menuju ke stasiun kereta pasti berjalan kaki. Dari stasiun kereta menuju ke kantor atau sekolah, tak luput dari berjalan kaki. Orang Jepang senang berjalan kaki karena itu adalah bagian dari olahraga. Itu artinya lebih sehat.

Dia menambahkan lagi, berjalan kaki juga membuat panjang umur. Ketika orang berjalan kaki, ia menggerakkan seluruh anggota tubuhnya. Jika kita malas bergerak atau kurang gerak tentu akan mudah terserang penyakit. Kalimat dia ini mengingatkan saya begitu mudahnya saya menggunakan ojek motor jika malas berjalan kaki di Jakarta dulu.

Saya diam sesaat mendengar penjelasannya. Dia pun melanjutkan lagi, berjalan kaki itu adalah olahraga yang gratis dan tak perlu mengeluarkan biaya. Jika kita bisa melakukannya tiap hari selama beberapa jam, bukankah itu baik untuk tubuh? Katanya lagi melanjutkan perbincangan kami soal berjalan kaki ke kampus.

Memang anda tak perlu berjalan kaki dari rumah anda di Jakarta Timur misalnya menuju ke kantor di Jakarta Pusat. Namun sediakan waktu anda untuk berjalan kaki tiga puluh menit hingga satu jam tiap hari. Itu saran terbaik dokter agar tubuh tetap sehat. Dengan begitu, anda pasti tahu bahwa berjalan kaki itu ternyata nikmat dan sehat.

Baca juga https://liwunfamily.com/2018/05/23/bagaimana-orang-bisa-panjang-umur/

Jika anda ingin panjang umur, silahkan coba resep orang Jepang ini ya!

Advertisements

Categories: OPINION

Tagged as:

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.