TRAVELING

Split, Kroasia (3): Cevapcici, Makanan Wajib Dicoba

Cevapcici.

Panggang dada ayam.

Cevapcici adalah makanan tradisional khas Kroasia, Serbia juga Bosnia. Sebelum berkunjung ke Kroasia, saya sudah pernah mencobanya di restoran khas Balkan. Cerita saya tersebut, bisa dilihat di sini. Tak hanya itu, cevapcici juga bisa dengan mudahnya dibeli di supermarket dalam bentuk kemasan yang sudah matang. Lalu di rumah, anda hanya memanaskan sekitar 5 menit di microwave.

Begitu terkenalnya cevapcici, hingga suatu restoran di sini menyediakan cevapcici gratis saat piala dunia 2018 lalu. Hidangan tersebut bagi para penonton yang antusias melihat perhelatan kesebelasan Kroasia melawan Perancis lalu. Cerita saya ini juga bisa dilihat di sini. Setelah itu, saya jadi ingin berlibur musim panas ke Kroasia.

Namun cerita tentang cevapcici tidak berhenti sampai di situ. Ketika tiba waktunya berlibur pun, saya menyempatkan untuk mencoba cevapcici. Sekedar penasaran, apakah rasanya sama dengan cevapcici yang dijual di Jerman?

Di Split, kami berhenti sebentar di pusat perbelanjaan terbesar di sana. Kami pergi ke foodcourt dan melihat kemungkinan dijualnya cevapcici. Akhirnya kami berhenti ke restoran serba ada, karena sajian makanannya tersedia berbagai macam pilihan.

Saya pesan cevapcici sementara suami pesan panggang dada ayam. Seperti yang terlihat di atas, cevapcici adalah daging giling berbumbu yang dibentuk lonjong kemudian digoreng sebentar. Rasa cevapcici enak dan sedikit berlemak. Itu mungkin karena digoreng. Namun ada juga pilihan dipanggang, tergantung si pembuat yang meracik juga bumbunya ala Balkan.

Untuk menikmati cevapcici, bisa dengan kentang goreng seperti yang saya pesan. Pilihan lain, cevapcici dimakan dengan roti atau nasi pedas ala Balkan seperti cerita saya sebelumnya, berkenalan pertama kali dengan cevapcici. Nama nasi pedas paprika itu Djuvecreis.

Selanjutnya, suami saya memesan panggang dada ayam. Hampir dipastikan makanan di sini banyak menggunakan daging. Meski begitu, ada pilihan bagi vegetaris dan vegan, dengan sajian ala Balkan yang bisa dicek di menu seperti aneka salad yang juga cukup enak.

Namun begitu, tak lengkap rasanya berkunjung ke sini jika tak mencicipi cevapcici.

Advertisements

Categories: TRAVELING

Tagged as: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.