ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Christkindlmarkt, Ini 5 Hal Seru yang Bisa Diperoleh

Minggu ini sudah memasuki Minggu Advent kedua. Keriaan menyiapkan dan menyambut natal sudah mulai terasa sejak akhir November lalu. Satu hal menarik menjelang natal di setiap pelosok Eropa, termasuk Jerman adalah pasar menjelang natal. Di sini biasa disebut Christkindlmarkt atau Weichnachtsmarkt. Ada yang menggelarnya sejak Minggu Akhir November, ada pula hanya di akhir pekan selama masa Adven berlangsung. Pastinya tiap kota di Jerman menggelarnya sesuai keunikan dan tradisi masing-masing.

Christkindlmarkt digelar di lapangan terbuka yang dekat dengan pusat kota dan gereja setempat. Udara di akhir tahun di Eropa tentu saja dingin, kerap hujan dan angin kencang. Dengan kondisi yang demikian tidak menyurutkan orang untuk datang dan meramaikan pasar rakyat nan meriah ini. Di sini pula orang sibuk saling menyapa satu sama lain dan bertemu satu sama lain sambil menikmati hidangan yang ada. Meski harga makanan dan minuman di Christkindlmarkt tidak lebih murah dibandingkan pasar sesungguhnya. Namun Christkindlmarkt tak pernah sepi. Bahkan kini sebagian gerai penjualan juga bisa menerima pembayaran tidak tunai, alias melalui kartu.

Berikut lima hal yang bisa anda lihat di sudut salah satu Christkindlmarkt di wilayah Bavaria:

1. die Krippe

Ini adalah representasi figur kisah natal dimana Yesus digambarkan di palungan yang didampingi Bunda Maria dan Santo Yosep. Di situ pula dilengkapi para gembala dan hewan ternak, ditambah Tiga Raja dari Timur. Krippe selalu ditempatkan di sudut terpisah di Christkindlmarkt. Tiap Christkindlmarkt menempatkan krippe sesuai tradisi dan kebiasaan. Contohnya jika anda berkunjung ke Christkindlmarkt di Nuremberg.

2. Paduan suara/Agenda tema Natal lainnya

Di Christkindlmarkt tidak melulu kesibukan orang berjualan dan berbelanja. Di sini ada agenda yang disusun panitia untuk memeriahkan pasar menjelang natal. Satu yang saya temui misalnya paduan suara menyanyikan lagu-lagu bertema natal. Ada pula konser musik yang syahdu dan memikat pengunjung untuk datang. Hal lainnya misal ada Sinterklas atau Santa Klaus yang datang menarik minat anak-anak untuk berfoto dan menyapa.

3. Aneka sovenir dan perabotan rumah tangga yang berkaitan dengan perayaan natal

Sebagaimana ide awal penyelenggaraan Christkindlmarkt yang menjadi wadah bagi warga untuk menyiapkan natal, maka pasar rakyat Christkindlmarkt pun demikian. Ada banyak dagangan perabotan rumah tangga yang dijual di sini, mulai dari yang bertema natal hingga kebutuhan sehari-hari. Barang dagangan yang dijual juga merupakan kerajinan tangan atau industri rumahan hingga hasil olahan industri kecil masyarakat. Semua lengkap termasuk penyediaan keperluan pribadi di sini, yang diproduksi warga.

4. Makanan dan minuman

Glühwein dengan kreasinya.

Jajanan kue yang memikat.

Bagaimana pun pasar rakyat tak pernah ketinggalan dari makanan dan minuman yang memikat. Orang senang menikmati minuman glühwein dengan kreasinya untuk mengusir rasa dingin. Ada banyak jajanan lainnya yang menambah keriaan orang untuk menikmatinya. Semua orang senang menikmati kuliner sembari bercakap-cakap atau melihat lalu lalang orang. Seru ‘kan!

5. Donasi

Menjelang hari raya, orang yang datang ke Christkindlmarkt diajak untuk berdonasi bagi mereka yang membutuhkan. Bentuk donasi yang diselenggarakan Christkindlmarkt bermacam-macam. Ada berupa kupon kunjungan, penjualan barang tertentu yang hasilnya nanti disumbangkan, atau gerai informasi yang terbuka bagi para donatur. Beberapa lembaga yang membutuhkan biasanya turut berpartisipasi di Christkindlmarkt.

Kesimpulan

Bagaimana pun Christkindlmarkt bukan sekedar keperluan bisnis semata. Di sini masih tersimpan tradisi budaya yang mempererat antar warga satu sama lain. Christkindlmarkt juga menjadi kesempatan charity untuk berbagi bagi mereka yang membutuhkan agar mereka pun bisa merayakan natal. Christkindlmarkt akan selalu dirindukan tiap tahun.

Advertisements

Categories: ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Tagged as: ,

6 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.