FOOD

Falafel, Bola Goreng Rempah: Makanan Khas Timur Tengah (4)

Melanjutkan kuliner dari negeri timur tengah, seorang teman membuatkannya untuk saya makanan yang disebut falafel. Falafel merupakan bola-bola yang terbuat dari kacang Arab, yang ditambah bumbu kemudian digoreng. Falafel terkenal sebagai makanan khas Timur Tengah, yang saya kenal di sini. Berkat seorang teman, saya jadi menikmati makanan khas ala Timur Tengah ini. Menurut teman saya, falafel banyak disajikan saat bulan Ramadhan.

Falafel rupanya juga dijadikan isian di kedai milik orang Turki. Saya memperhatikan falafel menjadi menu isian donner. Bedanya falafel disajikan dengan salad sayuran dan saus pedas. Kemudian diletakkan di roti seperti donner. Saya sendiri melihat informasi menu tertera, hanya belum sempat mencoba pesan. Artinya, falafel kini menjadi makanan yang sudah mendunia.

Jika saya tanyakan darimana asal falafel, banyak informasi bersebaran. Intinya falafel memang berawal dari masyarakat Timur Tengah. Karena falafel juga menjadi jajanan street food di negara-negara Timur Tengah. Siapa pun suka karena rasanya yang mudah diterima lidah meski mengandung bumbu rempah yang khas.

Bagi anda yang vegetaris, perlu mencicipi falafel dan menjadi pilihan diet yang menyehatkan. Pasalnya falefel ini hanya menggunakan kacang fava, seperti buncis. Kemudian ditambah bumbu seperti bawang putih, jinten, biji wijen, ketumbar, daun peterselli atau daun bawang. Semua digiling bersama tepung khas Timur Tengah. Sebelum digoreng, adonan dibentuk menjadi bola-bola kecil terlebih dulu.

Oh ya, bukti bahwa falafel sudah mendunia ketika saya memesan salad orientalis di restoran bergaya western. Di dalam salad yang pesan, ada lima biji falafel di antara tumpukan sayuran salad yang diasinkan. Dengan begitu, bisa dikatakan bahwa falafel juga menjadi makanan umum yang dikreasikan agar semakin diterima oleh banyak orang.

Saat saya mencicipi falafel buatan teman saya ini, saya benar-benar terkesan. Rasanya lezat sekali! Mungkin ini bisa jadi pilihan anda yang suka makanan vegan.

Advertisements

Categories: FOOD

Tagged as: , ,

2 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.