ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Carppacio und Kalbsfillet mit Gemüse: Gala Dinner Tema Natal

Kalbsfillet.

Carppacio.

Menjelang natal berbagai acara digelar, termasuk undangan makan malam bersama. Suami pun mengajak saya untuk hadir mencicipi hidangan istimewa yang digelar di restoran eksklusif. Gala dinner yang bertemakan natal ini tentu punya pilihan menu yang berbeda. Itu sebab saya pun penasaran dan berniat hadir. Siapa pun pasti suka dapat kesempatan mencicipi hidangan istimewa.

Pertama yang ditampilkan adalah roti dan butter. Di tiap meja ditampilkan daftar menu dalam dua pilihan, yakni vegan dan non vegan. Ada banyak pilihan minuman tersedia di meja mulai dari minuman beralkhol hingga non alkohol. Jika tak suka semua minuman yang disediakan, kita juga bisa memesannya ke pramusaji yang selalu siaga di dekat meja kita. Misalkan, saya ingin minum teh panas karena suhu yang dingin. Anda bisa memesan minuman sesuai selera anda.

Kemudian bersiaplah untuk empat hidangan yang datang bertahap. Karena ini adalah round table meeting maka anda duduk bersama orang lain sambil berbincang-bincang, menunggu makanan pembuka hingga makanan penutup. Bagi orang yang tak suka berbasa-basi mungkin ini akan jadi acara membosankan.

Makanan pembuka adalah salad dingin yang disebut carppacio. Ini sebenarnya kuliner dari Italia, terdiri atas irisan daging yang tipis sekali, diberi daun rucola, basilikum pesto, irisan keju parmesan dan sedikit perasan jeruk lemon. Hidangan istimewa ini diciptakan pertama kali oleh Giuseppe Capriani, Chef asal Italia setelah perang dunia kedua. Dagingnya bisa berupa beef atau salmon sesuai dengan racikan si juru masak.

Hidangan selanjutnya adalah sup pembuka. Sup ini disebut kürbiscremmesuppe. Ini adalah sup labu kuning yang diberi sedikit sentuhan krim, lada, ketumbar dan daun thymian kemudian dihancurkan. Tambahkan potongan roti dan daun ketumbar di atas sup.

Selesai dengan sup adalah makanan utama atau di Jerman disebut Hauptgericht. Makanan utama ini datang lebih lama agar membuat orang tetap nyaman menikmatinya. Maksudnya, orang tidak merasa kekenyangan atau merasa ‘full’ dengan dua hidangan sebelumnya. Apalagi masih ada hidangan utama dan dessert di akhir makan malam.

Makanan utama adalah kalbsfillet dengan kentang tumbuk dan potongan sayuran. Jika melihat dari foto di atas, tampak dua potong daging sapi. Daging sapi yang dipilih adalah sapi yang masih muda dan kualitasnya tinggi. Dengan begitu, rasa daging yang lembut dan meleleh di lidah adalah maksud dari penyajian hidangan ini. Pemanggangannya pun dengan suhu yang tepat sehingga menghasilkan irisan daging yang pas di mulut, tidak mentah atau terlalu matang. Untuk melengkapi hidangan, ada tambahan kentang tumbuk atau mashed potato. Tak lupa, ada potongan sayur rebus dan bawang merah yang sedikit ditumis.

Terakhir adalah hidangan penutup. Saya memang hanya mengabadikan dua hidangan saja karena saya yakin kuliner penutup sudah pernah saya bahas di blog ini. Dessert terdiri atas satu cup es krim cokelat dan kue vanilla. Hmm, semua benar-benar makan malam istimewa. Saya suka semua!

Advertisements

Categories: ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Tagged as: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.