FOOD

Roti Manis Khas Persia, Cocok Buat Sarapan Pagi: Makanan Khas Timur Tengah (6)

Roti manis ala Persia.

Sarapan pagi ala orientalis bisa jadi pilihan menarik bagi pecinta kuliner yang suka icip-icip. Contohnya seperti yang saya lakukan menikmati liburan kali ini. Saya dan suami datang ke suatu kota dan bermaksud mencoba sensasi kuliner yang berbeda. Akhirnya kami datang ke kafe yang menyediakan kuliner ala Persia. Anda pasti tahu bahwa etnis Persia adalah mereka yang hidup di wilayah timur tengah, namun paling banyak tinggal di Iran.

Jika di Indonesia, kita biasa menggunakan roti tawar sebagai sarapan pagi. Begitu pun yang terjadi pada sebagian masyarakat dunia. Ada berbagai macam roti khas Persia. Untuk sarapan pagi kali ini, saya memilih roti naan khas persia. Naan berasal dari kata Farsi, yang juga diterjemahkan menjadi roti. Roti ini biasa saya lihat di film-film tentang timur tengah. Pasalnya roti ini dibuat dengan cara dipanggang di oven yang terbuat dari tanah liat.

Katanya sih, oven tanah liat adalah perabotan umum yang tersedia di rumah tangga persia, yang diletakkan di luar rumah. Roti ini tidak ada rasa namun sensasi enaknya menjadi berbeda karena proses pemanggangannya. Naan berbentuk roti tipis dan renyah. Guratan panggangan api juga masih terlihat dalam tiap lembarnya.

Naan yang manis biasa dinikmati oleh masyarakat timur tengah sambil menikmati teh hitam. Sarapan roti manis yang saya pesan seperti mirip dengan sarapan roti manis di Indonesia.

Roti manis ala Persia yang saya pesan terdiri atas roti naan yang diberi olesan butter. Hanya satu sisi saja yang diberi olesan butter. Kemudian beri selai buah-buahan yang disuka, semisal selai strawberry. Ada tambahan juga kacang kenari sedikit di dalam roti. Setelah itu, naan digulung dan dipanggang selama beberapa saat. Selesai dipanggang, roti diberi taburan gula icing. Gula icing itu seperti gula bubuk berwarna putih sebagai pemanis kue.

Rasanya manis dan enak tentunya. Menikmati sarapan pagi ala persia mengingatkan saya makan roti bakar ala bandung. Sedikit mirip memang, namun rasa manisnya pas dan tidak berlebihan.

Semoga ini jadi ide menarik bagi anda untuk menikmati sarapan pagi.

Advertisements

Categories: FOOD

Tagged as: , , ,

5 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.